Deretan Alumnus Arema Cerita Kesan Dilatih Alfred Riedl

Kompas.com - 10/09/2020, 07:20 WIB
Mantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, dan asisten pelatih Hans-Peter Schaller dalam acara bertajuk Forum Diskusi BOLA dengan tema Timnas Menuju Piala AFF: ?Saatnya Garuda Bangkit,? di Kantor Redaksi BOLA, Palmerah, Jakarta, Selasa (23/8/2016) sore. DOK JUARA.NETMantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, dan asisten pelatih Hans-Peter Schaller dalam acara bertajuk Forum Diskusi BOLA dengan tema Timnas Menuju Piala AFF: ?Saatnya Garuda Bangkit,? di Kantor Redaksi BOLA, Palmerah, Jakarta, Selasa (23/8/2016) sore.

KOMPAS.com - Alfred Riedl punya hubungan unik dengan Arema.

Entah kebetulan atau memang cocok, Alfred Riedl banyak memilih pemain-pemain dari tim berjuluk Singo Edan tersebut selama menahkodai Timnas Indonesia.

Oleh karena itu, banyak alumnus Arema yang ikut menghaturkan rasa belasungkawa atas meninggalnya pelatih asal Austria yang dikatakan punya sosok kebapakan tersebut.

Samsul Arif

Pemain Persita Tangerang musim 2020, Samsul Arif Munif.Dokumentasi Pribadi Pemain Persita Tangerang musim 2020, Samsul Arif Munif.

Penyerang senior Samsul Arif bergabung dengan Arema pada awal 2014. Pada tahun sama, dia juga dipanggil Riedl untuk memperkuat Indonesia di ajang Piala AFF 2014.

Satu momen yang dikenang Samsul Arif adalah saat dirinya berhasil mencetak gol penyama kedudukan melawan Vietnam di babak penyisihan.

Baca juga: Alfred Riedl dan Cinta Warga Vietnam: 80 Orang Antre Sumbangkan Ginjal

Pertemuan dengan Riedl berjalan singkat, karena Indonesia gugur di fase grup.

Kendati demikian, pemain yang kini membela Persita Tangerang tersebut mendapatkan kesan mendalam.

“Coach Riedl orangnya penuh disiplin dan tegas. Beliau orang yang disiplin soal makanan dan hal-hal di luar lapangan,” kata pemain asal Bojonegoro tersebut kepada Kompas.com.

Arif Suyono

Pemain Mitra Kukar Arif Suyono (depan) di tempel ketat pemain tuan rumah Persiraja saat Babak 8 Liga 2 2019 Grup A yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (09/11/2019) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Mitra Kukar Arif Suyono (depan) di tempel ketat pemain tuan rumah Persiraja saat Babak 8 Liga 2 2019 Grup A yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (09/11/2019) sore.

Arif Suyono menjadi anggota tim pertama bentukan Alfred Riedl saat baru ditunjuk PSSI pada 2010 silam. Statusnya sebagai winger papan atas Indonesia, menarik perhatian pelatih asal Austria tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X