Ahmad Bustomi dan Wejangan Paling Berkesan dari Alfred Riedl

Kompas.com - 09/09/2020, 06:20 WIB
Mantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, dan asisten pelatih Hans-Peter Schaller dalam acara bertajuk Forum Diskusi BOLA dengan tema Timnas Menuju Piala AFF: ?Saatnya Garuda Bangkit,? di Kantor Redaksi BOLA, Palmerah, Jakarta, Selasa (23/8/2016) sore. DOK JUARA.NETMantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, dan asisten pelatih Hans-Peter Schaller dalam acara bertajuk Forum Diskusi BOLA dengan tema Timnas Menuju Piala AFF: ?Saatnya Garuda Bangkit,? di Kantor Redaksi BOLA, Palmerah, Jakarta, Selasa (23/8/2016) sore.

LAMONGAN, KOMPAS.com - Duka kepergian mantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, ikut dirasakan Ahmad Bustomi. Mantan pemain Arema tersebut menyatakan Riedl sudah seperti bapak bagi anak-anak asuhnya.

Ahmad Bustomi sendiri mengakui baru mendengar kabar duka ini saat dihubungi KOMPAS.com.

Oleh karena itu, dia sangat terkejut dan sempat tidak percaya mantan pelatihnya telah tutup usia.

“Dia pelatih disiplin, tegas, dan seperti bapak bagi pemain-pemainnya,” kata pemain Persela Lamongan ini.

Alfred Riedl sendiri bisa dibilang punya andil besar dalam perjalanan karier Ahmad Bustomi di level Internasional.

Baca juga: Alfred Riedl dan Cinta Warga Vietnam: 80 Orang Antre Sumbangkan Ginjal

 

Berkat kesempatan yang diberikan Alfred Riedl, sang gelandang menjalani debut timnas pada 2010 silam.

Namanya pun berjajar dengan gelandang papan atas nasional.

Banyak pengalaman berkesan yang didapatkan saat bekerja sama dengan almarhum. Namun, yang paling ia ingat adalah wejangan dari Alfred Riedl.

Pelatih yang tutup usia pada umur 70 tahun ini  pernah berbicara tentang bagaimana seorang pemain harus waspada dengan kesuksesan dan pujian yang bisa saja berakhir semu.

“Dia bilang menjadi pemain bola harus tetap menginjak bumi, harus terkontrol. Jangan sampai senang dipuja-puji karena bisa saja besok kalian akan jatuh dari atas, itu akan sangat menyakitkan,” tutur pemain berusia 35 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X