Cerita Kippersluis soal Bandung dan Kehebohan di Festival Lampu Kota

Kompas.com - 26/09/2019, 22:00 WIB
Penyerang Persib Bandung, Kevin van Kippersluis. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPenyerang Persib Bandung, Kevin van Kippersluis.

BANDUNG, KOMPAS.com – "Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum". Ungkapan tersebut dilontarkan oleh Martinus Antonius Weselinus Brouwer.

Ungkapan tersebut cukup jelas menggambarkan bila sosok yang lebih dikenal dengan nama M.A.W Brouwer itu terkesan dengan keindahan panorama alam yang dimiliki Bumi Pasundan.

Brouwer yang merupakan fenomenolog dan budayawan berkebangsaan Belanda itu telah menghabiskan separuh hidupnya di tanah Priangan. Maka dari itu, apa yang dilontarkan Brouwer bukan sekadar ucap, melainkan juga melibatkan perasaan.

Tidak berlebihan, karena di tanah Pasundan dianugerahi keindahan alam yang luar biasa. Tak heran bila tanah Priangan menjadi salah satu destinasi wisata yang laris dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Penyerang Persib Bandung, Kevin van Kippersluis, saat ini pun tengah merasakan hal yang sama dengan Brouwer.

Baca juga: Kippersluis Akui Kian Kompak dengan NDouassel Usai Insiden Berebut Peluang

Walau baru sebulan tinggal di Bandung, yang merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat, kesan positif sudah dirasakan mantan pemain SC Cambuur itu.  

"Bandung kota yang bagus. Meski sepekan terakhir cuacanya lebih panas dari biasanya, saya senang dengan cuaca di sini. Orang-orang di sini juga sangat ramah," kata Kippersluis.

Tinggal di Bandung, Kippersluis merasa seperti berada di tanah kelahirannya, Belanda.

Maklum, di Bandung masih banyak berdiri kukuh bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Kebanyakan, bangunan tersebut masih bisa dilihat di kawasan Jalan Braga atau kawasan Jalan Asia Afrika.

"Saya melihat ada beberapa hal yang mirip dengan Belanda. Jadi, ya saya merasa sedang pulang ke Belanda," kata dia.

Baca juga: Kippersluis Sebut Bobotoh sebagai Suporter yang Gila

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X