Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Persib Jaga Mimpi Juara Usai Pernah Terpuruk di Zona Merah

Kompas.com - 22/04/2024, 18:30 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung tampil lepas saat mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 pada pekan ke-32 Liga 1 2023-2024.

Persib diprediksi akan kembali tampil tanpa beban pada laga lanjutan melawan tim pemuncak klasemen, Borneo FC Samarinda, tengah pekan ini. 

Laga Persib Bandung vs Borneo FC akan digelar Kamis (25/4/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, dengan kick off pukul 19.00 WIB. 

Pelatih Persib, Bojan Hodak, mengungkapkan sebab timnya bisa tampil impresif dalam laga melawan Persebaya.

Menurutnya, itu bisa terjadi karena Maung Bandung sudah mengetahui kepastian lolos ke Championship Series sebelum turun berlaga menghadapi Persebaya. 

Baca juga: Duet DDS-Ciro Alves Ancaman Serius untuk Lawan Persib di Championship Series

Adapun pada laga pekan ke-31 kemarin, Persis Solo takluk oleh Persija Jakarta 0-1. Hasil itulah yang memastikan kelolosan Maung Bandung ke babak empat besar bernama Championship Series.

“Satu-satunya hal adalah ketika kami tahu sudah lolos ke zona empat besar itu membuat tekanan yang dirasakan semuanya jauh berkurang,” kata Hodak.

Perjalanan Persib pada awal musim Liga 1 2023-2024 ini sempat terjal karena mereka gagal menang dalam empat laga pembuka kompetisi. 

Kala itu, pelatih asal Spanyol, Luis Milla, akhirnya mundur usai laga pekan ketiga dan meninggalkan warisan komposisi pemain yang disusunnya sejak pramusim. 

Baca juga: Prediksi Persib Bandung Vs Persebaya, David da Silva Bisa Menggila, Rotasi…

Pelatih asal Kroasia, Bojan Hodak, lalu didatangkan. Ia tahu tentang tekanan besar yang ada di pundak para pemain Persib kala itu. 

Bagaimana tidak? Tim sekelas Persib dengan materi pemain-pemain berkualitas sempat berada di zona merah, persisnya peringkat 16 klasemen dan kesulitan menang.

Perlahan tapi pasti, Hodak yang merupakan mantan pelatih Kuala Lumpur City FC, memberikan kepercayaan penuh kepada pemain untuk keluar dari situasi sulit.

Kepercayaan Hodak dibalas tuntas pemain. Berkat respek pemain, sang pelatih bisa memberikan pekerjaan terbaik dan membawa Persib konsisten di empat besar. 

David da Silva head to head dengan Dusan Stevanovic dalam pertandingan pekan ke-32 Liga 1 2023-2024 antara Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Sabtu (20/4/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. ADIL NURSALAM David da Silva head to head dengan Dusan Stevanovic dalam pertandingan pekan ke-32 Liga 1 2023-2024 antara Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Sabtu (20/4/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Baca juga: Reaksi dan Target Pelatih Persib Setelah Pastikan Tiket Championship

“Karena sejak awal musim kami tidak memulainya dengan baik dan setelah itu ada banyak tekanan yang dirasakan,” tutur Hodak. 

“Tekanan pertama adalah bagaimana bisa keluar dari zona degradasi tapi kami secara perlahan bisa memperbaikinya dan bisa memasuki empat besar,” tuturnya. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com