Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Gol Marselino Ferdinan Bikin Runyam Rencana Yordania...

Kompas.com - 22/04/2024, 13:38 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Timnas U23 Yordania datang melawan Indonesia dengan sebuah rencana. Namun, plan permainan itu runyam akibat gol Marselino Ferdinan.

Partai pamungkas Grup A Piala Asia U23 2024 antara Yordania vs Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) berkesudahan dengan skor 1-4.

Timnas U23 Indonesia asuhan Shin Tae-yong menang telak 4-1 berkat gol-gol Marselino Ferdinan (23' pen., 70'), Witan Sulaeman (40'), dan Komang Teguh (86').

Yordania arahan Abdullah Abu Zema hanya bisa sekali membalas berkat gol bunuh diri bek timnas U23 Indonesia, Justin Hubner (79'). 

Hasil ini mengantar timnas U23 Indonesia memastikan tempat di babak perempat final alias 8 besar Piala Asia U23 2024.

"Kami ingin memberi selamat untuk Indonesia. Mereka menjalani pertandingan yang luar biasa dan layak menang hari ini," tutur pelatih Yordania Abdullah Abu Zema, dilansir dari situs AFC.

Baca juga: Nathan Tjoe-A-On Tinggalkan Timnas U23 Indonesia Usai Lolos ke 8 Besar

Di sisi lain, kekalahan dari timnas Indonesia menghentikan langkah Yordania di fase grup.

Padahal, Yordania melangkah menuju arena laga melawan Indonesia dengan masih menyimpan kans lolos ke 8 besar.

Syarat Yordania untuk melaju ke perempat final Piala Asia U23 2024 adalah memetik kemenangan atas Indonesia, sambil berharap hasil partai lain Grup A Qatar vs Australia berpihak kepada mereka.

Namun, skenario yang jadi harapan Yordania tak terwujud. Rencana permainan mereka juga runyam usai kemasukan gol penalti Marselino Ferdinan pada menit ke-23.

Penalti diberikan wasit usai akselerasi Rafael Struick ke kotak penalti Yordania dihentikan oleh Amer Jamous.

"Rencananya adalah mencetak gol lebih dahulu dan jika kami melakukannya, saya pikir pertandingan akan menguntungkan kami dan kami akan menang," ucap Abu Zema.

Baca juga: Sinergi Pemain dan Pelatih Jadi Kunci Kelolosan Timnas U23 Indonesia

"Namun, setelah kami kebobolan gol pertama, timnas Indonesia memegang kendali penuh dan kami tak mampu merespons," tuturnya menjelaskan.

"Tak ada justifikasi untuk kekalahan seperti ini dan tak ada alasan setelah tersingkir di fase grup," kata Abu Zema. 

Seiring kemenangan atas Yordania, timnas U23 Indonesia melaju ke perempat final sebagai peringkat dua Grup A.

Pada babak perempat final Piala Asia U23 2024 nanti, timnas Indonesia akan bersua dengan juara Grup B, Kamis (25/4/2024) atau Jumat dini hari WIB.

Posisi pertama Grup B akan menjadi rebutan Jepang dan Korea Selatan yang sejatinya sudah sama-sama sudah memastikan kelolosan ke 8 besar.

Laga Jepang vs Korea Selatan yang mempertaruhkan status juara Grup B akan digelar pada Senin (22/4/2024) di Stadion Jassim bin Hamad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com