Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Juara Piala Asia U23 2024, Putus Rekor Uzbekistan, Sejarah Baru

Kompas.com - 04/05/2024, 00:37 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Jepang sukses menjuarai Piala Asia U23 2024 usai memukul Uzbekistan 1-0. Samurai Biru memberi noda kebobolan pertama bagi Uzbekistan.

Partai final Piala Asia U23 2024 antara Jepang vs Uzbekistan yang digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, Jumat (3/5/2024) berakhir dengan skor 1-0.

Uzbekistan yang sejauh ini berstatus tim terproduktif di Piala Asia U23 2024 dengan torehan 14 gol, dibuat buntu oleh Jepang.

Rangkaian peluang yang diciptakan pasukan Timur Kapadze tak ada yang berujung dengan gol. Sepanjang 90 menit, Uzbekistan membombardir Jepang dengan 18 tembakan.

Jepang yang banyak tertekan, justru mampu memecah kebuntuan pada masa injury time melalui sepakan kaki kiri Fuki Yamada (90+1').

Uzbekistan sejatinya punya kans emas membalas via sepakan penalti Umarali Rahmonaliyev pada menit ke-90+10. Namun, penalti itu bisa dimentahkan oleh Leo Kokubo.

Adapun partai puncak ini merupakan duel antara tim yang punya riwayat menjadi kampiun Piala Asia U23.

Jepang merupakan juara edisi 2016, sementara Uzbekistan jadi yang nomor satu pada Piala Asia U23 2018. 

Artinya, Jepang kini mencetak sejarah baru sebagai negara pertama yang mampu dua kali memenangi titel Piala Asia U23.

Baca juga: Piala Asia U23, Saat Shin Tae-yong Masih Pertanyakan Kinerja Wasit…

Amunisi Uzbekistan sedikit berkurang pada laga final Piala Asia U23 2024 lantaran mereka tak bisa memainkan Abdukodir Khusanov, Hojimat Erkinov, dan Abbosbek Fayzullaev. 

Mereka bertiga kembali ke klub masing-masing usai Uzbekistan mengalahkan Indonesia 2-0 pada babak semifinal Piala Asia U23 2024 silam dan menyegel tiket partisipasi ke Olimpiade 2024.

Kendati demikian, pelatih Uzbekistan, Timur Kapadze, mengatakan bahwa timnya tak tergantung pemain tertentu. Kolektivitas adalah senjata andalan tim beralias Serigala Putih itu.

Pertahanan kolektif Uzbekistan masih menjadi tembok tembal bagi lawan-lawan mereka, termasuk Jepang.

Sepanjang babak pertama, Jepang kesulitan memproduksi kans bagus dan maupun menembus pertahanan Uzbekistan yang belum bobol dalam lima pertandingan di Piala Asia U23 2024. 

Sebaliknya, Uzbekistan mampu menciptakan sejumlah kans. Ketika laga babak pertama baru berjalan beberapa menit, Husain Norchaev sudah mampu melepas tembakan tepat sasaran.

Baca juga: Jika Tak Mampu Dukung Saat Kalah, Jangan Sorak Saat Timnas Menang

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com