Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flavio Silva dan Sejarah Quinttrick di Persik, Ikuti Jejak Cristian Gonzales

Kompas.com - 02/04/2024, 18:30 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Penyerang asing Persik Kediri, Flavio Silva berhasil mencetak lima gol dalam satu pertandingan atau quinttrick dalam laga pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 kontra Persikabo.

Lima gol Flavio Silva yang masing-masing dicetak pada menit ke-14, 19, 34, 43, dan 81' mengantar Persik menang 5-2  atas Persikabo di Stadion Brawijaya, Kediri, Kamis (28/3/2024) lalu.

Flavio Silva mengungkapkan ini adalah pengalaman pertamanya mencetak quinttrick di sepanjang karier profesional. 

“Saya tidak pernah mencetak lima gol. Saya rasa hanya empat gol dan mungkin di akademi,” ucap Flavio Silva.

“Tidak mudah mencetak lima gol. Tidak mudah, tetapi saya punya banyak pemain hebat di sekitar saya yang bisa membantu meraih capaian itu,” ucapnya lagi.

Baca juga: Keuntungan Bali United Usai Liga 1 Ditunda, Doa Teco untuk Timnas U23 Indonesia

Tidak hanya sampai di situ, nama Flavio Silva masuk dalam buku sejarah era kompetisi Liga 1 Indonesia sebagai pemain yang mampu bikin gol terbanyak dalam satu pertandingan.

Ia memegang rekor tersebut bersama dengan Sylvano Comvalius yang juga mencetak lima gol saat membawa Bali United menang 6-1 atas Mitra Kukar pada Liga 1 2017 silam.

Baca juga: Respons Dua Pelatih Asing soal Penundaan Liga 1: Ada Rasa Kecewa, Nikmati Saja

Selain itu, sang pemain asal Portugal juga tercatat dalam sejarah Persik sebagai pemain ketiga yang mencetak sukses mengemas quinttrick setelah Bamidele Frank Bob Manuel pada tahun 2003 dan Cristian Gonzales pada 2006.

“Ini tidak lepas dari bantuan teman-teman setim saya, jadi saya juga senang untuk mereka,” kata Flavio Silva.

“Kami punya motivasi yang bagus, saya senang karena teman-teman memberi saya banyak bola. Terima kasih Tuhan, terima kasih teman-teman,” ujarnya lagi.

Berkat tambahan lima gol tersebut, Flavio Silva yang pernah membela timnas Portugal U16 dan U19, bisa mendekati David da Silva (Persib) dalam daftar top skor sementara Liga 1 2023-2024.

Berbekal 19 gol, Flavio Silva kini hanya terpaut dua gol saja dari David da Silva yang berada di puncak.

Mengenai hal tersebut, ia tak terlalu memikirkan pencapaian individual. Prioritas utamanya adalah membawa tim berjuluk Macan Putih mendapat posisi terbaik.

Pemain asing Persik Kediri Flavio Silva selebrasi usai mencetak gol ke-5 ke gawang Persikabo 1973 saat laga pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 5-2 di Stadion Brawijaya Kediri, Kamis (28/3/2024) malam.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pemain asing Persik Kediri Flavio Silva selebrasi usai mencetak gol ke-5 ke gawang Persikabo 1973 saat laga pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 5-2 di Stadion Brawijaya Kediri, Kamis (28/3/2024) malam.

“Mimpi pertama saya adalah meraih empat besar bersama Persik Kediri. Saya juga punya ambisi pribadi, tetapi fokus utama saya adalah Persik meraih empat besar,” tutur pemain bernomor punggung 77 itu.

“Sebagai penyerang, sebagai pemain, jujur saja saya selalu ingin mencetak gol lebih banyak dan jadi top skor. Saya harap itu akan jadi hal yang bagus untuk Persik dan untuk saya,” tuturnya menutup.

Persik saat ini bertengger di peringkat ke-6 klasemen sementara dengan perolehan 46 poin.

Macan Putih hanya terpaut satu poin dari Madura United dan PSIS Semarang yang berada di posisi ke-4 dan ke-5 dengan poin yang sama, yaitu 47.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com