Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezia Dibungkam Reggiana, Tim Jay Idzes Direpotkan Pendekatan Nesta

Kompas.com - 02/04/2024, 12:36 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Venezia, tim papan atas Serie B 2023-2024 yang dibela bek timnas Indonesia, Jay Idzes, dikejutkan oleh Reggiana asuhan Alessandro Nesta. Pendekatan Nesta sukses.

Laga pekan ke-31 kompetisi kasta kedua Liga Italia, Serie B 2023-2024 antara Venezia vs Reggiana berakhir dengan skor 2-3.

Tim tamu Reggiana yang diasuh legenda AC Milan, Alessandro Nesta, berhasil bangkit dari ketinggalan 0-2 dan memetik kemenangan 3-2 dalam laga yang digelar di Stadion Pier Luigi Penzo, Senin (1/4/2024).

Venezia yang memasang Jay Idzes sebagai starter unggul 2-0 lebih dulu atas Reggiana berkat gol Gianluca Busio (20') dan kontribusi penyerang Finlandia, Joel Pohjanpalo (33').

"Kami bermain bagus, bahkan sebelum tertinggal 0-2. Namun, ketika Anda ketinggalan dua gol kala mentas di luar rumah, melawan tim tangguh seperti Venezia, hal itu menjadi sia-sia," ucap Nesta menyikapi performa timnya, dikutip dari Tutto B.

Baca juga: Jay Idzes Main Penuh Saat Venezia Kena Comeback Lawan Reggiana

Nesta merasakan betul bahwa timnya mempunyai tekad besar untuk membalikkan keadaan.

"Sebaliknya, tepat setelah kami kebobolan gol kedua, kami menunjukkan bahwa kami ingin bangkit. Lalu kami memetik hasilnya," ucap pria yang sebagai pemain pernah mengantar Milan menjuarai Liga Champions 2003 dan 2007 itu.

Pendekatan bermain yang diterapkan Reggiana asuhan Nesta pada akhirnya berbuah manis.

Jay Idzes dkk dibuat kewalahan oleh aliran permainan Reggiana. Tim tamu berbalik unggul 3-2 berkat torehan gol Manolo Portanova (45+1'), aksi bunuh diri bek Venezia Giorgio Altare (50'), dan sumbangsih Edoardo Pieragnolo (65'). 

"Hari ini pertandingan berjalan bagus, kami cepat mengalirkan bola dan mereka kesulitan. Kemudian kami banyak menciptakan peluang, dibandingkan pada waktu lain, kala kami lebih sedikit membangun permainan," tutur Nesta.

Kemenangan Reggiana di kandang Venezia terbilang mengejutkan. Sebab, Venezia merupakan kandidat serius peraih promosi otomatis ke Serie A musim depan. 

Baca juga: Jay Idzes Menang Voting Pemain Performa Terbaik

Menuju pekan ke-31, Venezia yang diasuh eks Parma, Paolo Vanoli, berada di peringkat dua klasemen Serie B 2023-2024.

Kekalahan dari Reggiana sementara membuat Jay Idzes cs turun ke peringkat ketiga. I Lagunari digeser oleh Como, klub yang dimiliki oleh Grup Djarum asal Indonesia. 

Di sisi lain, hasil sempurna di markas Venezia menaruh Reggiana kembali dalam persaingan menuju zona playoff promosi ke Serie A.

Sebagai informasi, penghuni peringkat satu dan dua Serie B berhak mendapatkan tiket promosi otomatis ke Serie A.

Satu tiket sisa akan ditentukan lewat playoff yang melibatkan tim peringkat tiga hingga delapan Serie B. 

Kendati demikian, Nesta mencoba merendah. Ia menyebut target utama timnya musim ini adalah sintas alias bertahan di Serie B.

Playoff? Tidak, tidak, kami hanya memikirkan untuk menyelamatkan diri. Lalu, jika kami bisa kembali ke delapan besar, yang jelas saya akan bahagia," kata eks kapten Lazio tersebut.

Reggiana kini menempati peringkat 10 Serie B 2023-2024 dengan koleksi 40 angka. Tim yang pernah dibesut Carlo Ancelotti itu hanya berselisih dua poin dari penghuni posisi delapan, Brescia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com