Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Darurat Diperpanjang, Program Latihan Individu Pemain Persib Berlanjut

Kompas.com - 21/07/2021, 20:00 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Republik Indonesia resmi memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali hingga 25 Juli.

Semula, kebijakan PPKM diberlakukan dari 3 hingga 20 Juli. Lantaran penyebaran virus corona masih tinggi, pemerintah pun memutuskan memperpanjang masa PPKM selama lima hari.

Perpanjangan masa PPKM tentu berdampak pada rencana persiapan lanjutan tim Persib Bandung menghadapi Liga 1 2021.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengatakan, sejauh ini belum ada rencana baru terkait lanjutan persiapan kompetisi.

Alberts mengatakan, para pemain masih akan menjalani program latihan mandiri hingga ada kelonggaran dari pemerintah untuk bisa kembali menggunakan fasilitas olahraga untuk menggelar sesi latihan tim.

Baca juga: Pelatih Persib Berharap Bisa Segera Gelar Sesi Latihan Tim

"Ya kami melihat beritanya tadi malam, akan tetapi kami belum berdiskusi. Kami menunggu informasi mengenai prosedur perjalanan," kata Alberts kepada wartawan, Rabu (21/7/2021)

"Dan apa saja yang dilarang dan fasilitas olahraga apakah sudah dibuka lagi untuk umum lagi atau belum," sambung dia.

Sejatinya, Persib bisa saja langsung memulai sesi latihan tim secara tertutup di tempat gym atau fasilitas olahraga publik lainnya.

Hal tersebut juga dilakukan oleh sejumlah klub. Akan tetapi, Persib memilih tidak menggunakan cara itu, dan memilih patuh pada peraturan pemerintah.

"Meskipun kami tahu ada beberapa tim yang tetap berlatih secara tertutup, beberapa tim menggunakan fasilitas seperti gym walaupun sedang PPKM," tutur Alberts.

"Tetapi itu tanggung jawab mereka, kami lebih mengutamakan untuk mengikuti peraturan yang dibuat pemerintah, jadi tidak banyak yang bisa kami lakukan," imbuh dia.

Rencananya, pemerintah akan melakukan relaksasi PPKM Darurat Jawa-Bali pada 26 Juli mendatang. Namun, dengan catatan, tren penyebaran Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan.

Bila tren penyebaran Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan, maka pemerintah akan melakukan pembukaan fasilitas publik secara bertahap.

Artinya, besar kemungkinan Persib akan bisa kembali menggunakan Stadion GBLA untuk menggelar sesi latihan tim.

"Setelah kami mendengar tadi malam pengumuman dari Presiden Joko (widodo). Jadi kami mengambil kesimpulan bahwa langkah pertama, kami masih harus menunggu hingga tanggal 26 dan melihat apa yang terjadi," ujar Alberts.

Adapun terkait informasi terbaru mengenai jadwal kompetisi, Alberts mengatakan, pihaknya belum menerima kabar lanjutan soal jadwal kompetisi. Menurut Alberts, Persib masih menunggu informasi resmi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait nasib kompetisi musim ini.

"Kami belum mendapatkan itu (kepastian kompetisi). Kami juga masih menunggu informasi resmi PSSI dan LIB, bagaimana reaksi mereka menanggapi perpanjangan PPKM ini dan bagaimana rencana memulai liga," ungkap Alberts.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com