Kompas.com - 01/07/2021, 23:00 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELIPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts

BANDUNG, KOMPAS.com - Bergabungnya Marc Anthony Klok ke Persib Bandung membuat skuad tim berjulukan Maung Bandung itu kian kental dengan nuansa Belanda.

Klok tercatat sebagai pemain berdarah Belanda keempat dalam skuad Persib musim ini. Sebelumnya sudah ada Geoffrey Castillion, Ezra Walian, dan Nick Kuipers pemain berdarah Belanda dalam skuad Pangeran Biru.

Kentalnya nuansa Belanda di skuad Maung Bandung, di membuat nama Persib Bandung pun diplesetkan oleh banyak orang menjadi; "Persib Belanda" dan "Persib BanDutch".

Baca juga: Pelatih Persib Kecewa Kompetisi Ditunda (Lagi)

Kedua plesetan nama tersebut memiliki arti atau makna yang kurang lebih sama. Yaitu, merepresentasikan kentalnya koneksi Belanda di tim Persib.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menanggapi santai soal plesetan nama tim Persib. Secara pribadi, Alberts menyukai plesetan tersebut.

"Saat ini banyak orang yang menyebut Persib BanDutch. Saya sendiri menyukainya," kata Alberts kepada wartawan, Kamis (1/7/2021)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak anggapan, Alberts merupakan sosok kunci dari terciptanya koneksi Belanda di skuad Persib. Sebab, Alberts adalah pelatih berkebangsaan Belanda.

Selain itu, sejak Alberts datang untuk menangani Persib, Maung Bandung cenderung lebih sering mendatangkan pemain khususnya pemain asing yang berasal atau punya keterkaitan dengan negeri Belanda.

Misalnya, pada  jendela transfer pertengahan musim 2019, yang merupakan jendela transfer pertama Alberts bersama Persib.

Ada tiga pemain asing yang didatangkan Persib; Nick Kuipers, Kevin van Kippersluis, dan Omid Nazari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.