Kompas.com - 26/04/2021, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Pergelaran turnamen pramusim Piala Menpora 2021 memegang teguh protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini sejalan dengan komitmen yang sejak awal dikumandangkan oleh Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021 dan PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air.

Komitmen OC dan PSSI terkait penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 kemudian tertuang dalam regulasi Piala Menpora 2021.

Dalam regulasi tersebut dijelaskan secara rinci tentang hal-hal yang harus diperhatikan dan dipatuhi selama pergelaran Piala Menpora 2021.

Baca juga: OC Piala Menpora 2021 Kucurkan Rp 2 M untuk Match Fee Laga Pertama

Hal paling mendasar terkait penerapan protokol kesehatan pada Piala Menpora 2021 tertuang dalam Pasal 29 Ayat 1 tentang tes Covid-19 dan cek temperatur suhu tubuh.

Ayat itu berbunyi, seluruh pihak yang terlibat dalam pertandingan, termasuk pemain, pelatih, perangkat pertandingan, panitia penyelenggara, keamanan, dan media di stadion serta area aktivitas yang berhubungan dengan pertandingan harus dalam keadaan bebas dari paparan Covid-19.

Dalam upaya menjaga konsistensi penerapan Pasal 29 Ayat 1, OC melakukan Swab Test Rapid Antigen/GeNose dan screening secara berkala terhadap seluruh pihak terkait yang akan masuk ke stadion.

Hasil tes yang sudah diambil kemudian akan tertera dalam sistem LIAS Match pada hari pertandingan. Sistem ini akan membantu proses screening yang menjadi aspek krusial dalam penerapan protokol kesehatan selama Piala Menpora 2021.

Baca juga: Setiap Venue Tes Antigen 299 Orang, Begini Penerapan Prokes Piala Menpora 2021

Selanjutnya, setiap pihak yang bakal memasuki stadion tetap harus menjalani pengukuran suhu tubuh meski sudah dinyatakan bebas dari paparan Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan jelang laga leg pertama final Piala Menpora 2021 Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Kamis (22/4/2021) petang. KOMPAS.com/Rizal Setyo Nugroho Penerapan protokol kesehatan jelang laga leg pertama final Piala Menpora 2021 Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Kamis (22/4/2021) petang.
Apabila pengukuran suhu tubuh menunjukkan lebih dari 37,5 derajat celcius, pihak terkait tidak diperbolehkan masuk ke stadion dan harus melalui protokol kesehatan yang sudah dirancang sedemikian rupa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.