Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Australia: Ada Kebahagiaan di Cara Timnas Indonesia Bermain...

Kompas.com - 22/04/2024, 23:40 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Permainan impresif Timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024 menarik perhatian. Garuda Muda bahkan dikatakan memainkan gaya sepak bola yang langka di Asia Tenggara.

Timnas U23 Indonesia memastikan langkah ke babak perempat final Piala Asia U23 2024 dalam turnamen debutnya setelah mengalahkan Yordania 4-1 pada Minggu (21/4/2024).

Hasil ini datang menyusul kemenangan 1-0 pasukan Shin Tae-yong atas negara tetangga, Australia, beberapa hari sebelumnya.

Penampilan Garuda Muda di Piala Asia U23 2024 pun menyita perhatian pengamat sepak bola asal Australia, Paul Williams.

"Saya benar-benar senang melihat apa yang tengah terjadi di Indonesia," ujar Paul kepada Kompas.com, Senin (22/4/2024).

"Ada kebahagiaan dalam cara Indonesia bermain, gaya menyerang yang mereka tunjukkan terhitung langka di sepak bola Asia Tenggara."

Baca juga: Pengamat Puji Satu Kekuatan Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia U23

"Kita lihat di Piala Asia banyak negara memilih untuk bermain bertahan dalam dengan low block," ujar pria yang juga menjadi Produser dan Co-host podcast ternama The Asian Game tersebut.

Pengamat sepak bola Asia yang berasal dari Australia, Paul Williams. Terkini, Williams melayangkan pujian bagi Timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024.DOK PRIBADI Pengamat sepak bola Asia yang berasal dari Australia, Paul Williams. Terkini, Williams melayangkan pujian bagi Timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024.

Menurutnya, Rizky Ridho dkk bisa bermain defensif jika dibutuhkan, seperti pada babak kedua lawan Australia, tetapi misi Garuda Muda adalah untuk terus menyerang dan bermain garis pertahanan tinggi. 

"Ini cocok dengan para pemain Indonesia. Cocok dengan mentalitas Indonesia," ujarnya menambahkan.

"Semua orang punya pendapat sendiri mengenai gaya bermain yang tepat tetapi bagi saya ini adalah cara sepak bola untuk dimainkan."

Baca juga: Kata Shin Tae-yong Usai Timnas Menang, Fokus Siapkan Perempat Final

Paul Williams, yang hadir meliput ke beberapa Piala Asia terakhir, pun mengutarakan bahwa dirinya juga kagum dengan betapa muda skuad Shin Tae-yong ini dan menekankan soal usia Marselino Ferdinan sang playmaker ulung Garuda Muda.

"Tim ini sangat muda. Soal Marselino, saya sudah berbicara soal dia sejak dirinya berusia 16 tahun," ujarnya menambahkan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sports Kompascom (@sports.kompascom)

"Dia baru 19 tahun masih bisa ikut beberapa turnamen U23 lagi. Masa depan Indonesia luar biasa cerah," ujar Paul yang karyanya pernah dimuat di FOX Sports Asia, Al Jazeera, FourFourTwo, dan lainnya.

"Dengan sendirinya, turnamen ini sangat mengasyikkan tetapi jika dilihat dengan Piala Asia 2023 dan kualifikasi Piala Dunia di mana Indonesia di ambang mencapai ronde ketiga ini akan menjadi masa-masa mengasyikkan bagi sepak bola Indonesia."

Timnas U23 Indonesia yang finish sebagai runners up Grup A kini akan menghadapi pemenang Grup B, Korea Selatan, di Stadion Abdullah bin Khalifa, pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com