Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pujian Aji Santoso Usai Timnas Indonesia Lolos Ke Delapan Besar Piala Asia U23

Kompas.com - 23/04/2024, 00:23 WIB
Egi Dinda Janviera,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Eks pelatih Persebaya dan bek timnas Indonesia, Aji Santoso mengatakan permainan agresif Skuad Garuda membuahkan hasil positif di Piala Asia U23 2024.

Laga Yordania vs Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) malam WIB, berakhir dengan skor 4-1 bagi kemenangan Garuda Muda. 

Empat gol kemenangan Timnas U23 Indonesia tercipta dari aksi Marselino (23'-penalti, 70'), Witan Sulaeman (40'), dan Komang Teguh (86'). 

Baca juga: Nathan Tjoe-A-On Tinggalkan Timnas U23 Indonesia Usai Lolos ke 8 Besar

"Jadi sebenarnya Piala Asia U23 untuk pertandingan pertama pun indonesia tampil cukup bagus, meskipun pertandingan pertama kita masih belum bisa menang," kata Aji Santoso, di acara Sapa Indonesia Malam KompasTV, Senin (22/4/2024).

Kematangan anak asuh besutan Shin Tae-yong dalam dua laga terakhir menyita perhatian Aji Santoso.

Pasalnya, timnas U23 Indonesia sempat takluk 0-2 dari Qatar pada laga pertama Grup A Piala Asia U23 2024 sebelum bangkit kontra Australia dan Yordania.

"Ada satu peningkatan, di mana saya lihat para pemain sudah tidak merasa berkecil hati," kata mantan pelatih Persebaya itu.

"Meskipun kalah mereka bermain cukup bagus dan pertandingan berikutnya ketika melawan Australia mulai dari penjaga gawang sampai striker tampil cukup bagus, sangat energik dan bermain agresif," ucap eks bek kiri legendaris Timnas Indonesia ini.

Baca juga: Rizky Ridho Pemimpin Pertahanan Timnas U23 Indonesia, 3 Laga Tanpa Diganti

Hasil ini mengantar timnas U23 Indonesia memastikan tempat di babak perempat final alias 8 besar Piala Asia U23 2024.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sports Kompascom (@sports.kompascom)

Di sisi lain, kekalahan dari timnas Indonesia menghentikan langkah Yordania di fase grup.

"Pertandingan melawan Yordania sangat luar biasa. Alhamdulillah, terbukti, semua pemain tampil bagus, semua tampil semangat dan akhirnya Indonesia mencetak sejarah baru pertama kali lolos ke delapan besar," tutur Aji Santoso.

Menurut Aji, timnas U23 Indonesia sudah menunjukan penampilan dengan strategi yang sangat baik, ditambah dengan kekompokan antar lini belakang dan depan dalam laga tersebut.

"Kalau saya lihat semua pemain sudah tampil cukup bagus, mereka lebih mengandalkan kolektifitas daripada individualis," kata Aji.

"Meskipun memang di dalam sepak bola itu individual sangat penting, tapi saya lihat pemain belakang sampai depan bermain sangat bagus," ucapnya menambahkan.

Beberapa gol Garuda Muda memang tercipta lewat sepak bola apik, bek Rizki Ridho bahkan berada di luar kotak penalti lawan untuk memberikan umpan manis bagi gol Witan.

Sementara, proses gol kedua Marselino berlangsung apik dengan dirinya dan Witan memainkan operan 1-2 di ujung kotak penalti lawan.

Baca juga: Cara Shin Tae-yong Motivasi Bangkit Timnas hingga Lolos 8 Besar Piala Asia U23

"Mereka bermain dengan kolektifitas cukup bagus, terbukti dengan gol-gol yang tercipta dengan kolektivitas kombinasi tiga pemain, yang akhirnya membuat tim lawan tidak berdaya," pungkasnya.

Hasil melawan Yordania membuat Indonesia finis di posisi kedua Grup A dengan 6 poin dan lolos ke perempat final untuk menghadapi Korea Selatan pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com