Yudi Guntara, Legenda Persib yang Pensiun pada Usia Matang karena Cedera Lutut

Kompas.com - 27/01/2021, 15:20 WIB
Legenda Persib Bandung era 1990-an, Yudi Guntara. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHALegenda Persib Bandung era 1990-an, Yudi Guntara.

BANDUNG, KOMPAS.com - Yudi Guntara pernah menjadi sosok sentral di lapangan tengah Persib Bandung pada era 1990-an.

Sebagai seorang gelandang, Yudi tak hanya piawai dalam mengirimkan umpan matang yang memanjakan barisan penyerang Persib untuk mencetak gol.

Dia juga dikenal sebagai salah satu gelandang tajam, karena sering mencetak gol penting untuk Persib.

Baca juga: Memoar Masa Kelam Persib pada Liga Indonesia 2003

Perjalanan karier Yudi sebagai pesepak bola dimulai pada tahun 1983, ketika dia bergabung bersama klub lokal Lembang, Perkesit.

Potensinya kemudian semakin terasah setelah masuk ke Diklat Salatiga. Dua tahun menimba ilmu sepak bola di Diklat Salatiga, Yudi kemudian pindah ke Diklat Ragunan pada 1985.

Di Diklat Ragunan, terus menerima pelatihan intensif. Bahkan sejumlah turnamen besar tingkat junior pun sempat di lakoninya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sini, Yudi mulai sering tampil bersama timnas Indonesia junior. Dia juga sempat ikut dalam pemusatan timnas di Jerman Barat pada 1986. Sejumlah turnamen internasional pun dilakoni Yudi, salah satunya kejuaraan dunia di Riyadh, Saudi Arabia.

Sejak usia remaja, potensi Yudi sebagai pesepak bola memang sudah muncul. Dia sempat dilirik oleh klub papan atas Galatama, Pelita Jaya.

Akan tetapi, Yudi memilih pulang ke Bandung karena kedua orang tuanya meminta dia untuk juga fokus melanjutkan pendidikan tingginya. Saat itu, Yudi baru saja menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pulang ke Bandung, Yudi pun ikut berlatih bersama Persib. Dia sempat bergabung dalam sejumlah uji tanding yang dilakoni klub berjulukan Maung Bandung itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.