Kompas.com - 13/12/2020, 18:38 WIB
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam kontra Arsenal, 12 Juli 2020. AFP/TIM GOODEPelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam kontra Arsenal, 12 Juli 2020.

KOMPAS.com - Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, membuka kemungkinan untuk tetap bekerja sebagai juru taktik sebuah klub sepak bola hingga mencapai umur 70 tahun bahkan lebih.

Hal tersebut mengacu pada sosok pelatih tim lawan yang akan dihadapi oleh skuadnya di ajang kompetisi tertinggi Liga Inggris, Premier League, pada Minggu (13/12/2020) malam WIB.

Crystal Palace ditangani oleh Roy Hodgson yang kini telah berusia 73 tahun dan pemegang rekor sebagai pelatih paling senior di pentas Premier League saat ini.

"Saya bisa melihat diri saya tetap melatih pada umur sama nantinya, siapa tahu," kata Mourinho seperti dilansir KOMPAS.com dari Guardian.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris, Tottenham dan Liverpool Berlaga Malam Ini

"Mungkin Anda bosan karena sudah 20 tahun sejak saya memulai karier kepelatihan pada 2000. Namun, berdasarkan sifat pekerjaan ini, umur saya (57 tahun) bisa dikatakan masih muda," katanya lagi.

Sekitar separuh dari karier pelatih asal Portugal itu dihabiskannya melatih sejumlah klub di Premier League sejak didatangkan Chelsea pada awal musim 2004-2005.

Usai mengalami salah satu titik terendah dalam karier bersama klub terakhir yang ia tangani, Manchester United, Mourinho kini menemukan jalan kesuksesan membawa Tottenham sementara memuncaki klasemen musim 2020-2021.

Bahkan penampilan Harry Kane dan rekan setim selama bulan lalu, membuatnya dianugerahi penghargaan Pelatih Terbaik Liga Inggris periode November 2020.

"Saya percaya penghargaan ini lebih dikarenakan hasil dan kerja keras para pemain dan staf lain, saya tidak pernah menganggapnya penghargaan pribadi. Pencapaian itu menjadi milik tim," kata Mourinho.

Raihan sebagai Pelatih Terbaik periode bulanan tersebut menjadi yang pertama bagi Mourinho sejak kali terakhir memperolehnya saat masih menangani Chelsea pada 2007 lalu.

Baca juga: Mourinho dan Bruno Fernandes Terbaik di Liga Inggris pada November

The Special One memiliki catatan positif lain jelang pertandingan menghadapi Palace yang akan berlangsung di Stadion Selhurst Park nanti.

Mourinho bisa menajamkan rekor pribadinya sebagai pelatih dengan rasio kemenangan tertinggi dalam derbi London di ajang Premier League.

Persentase kemenangan Mourinho dalam duel sesama tim asal kota London saat ini mencapai 64 persen, paling besar dibandingkan pelatih lain yang minimal membawa pasukannya berlaga dalam 20 pertandingan berlabel serupa.



Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X