Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Maaf Mourinho yang Terkuak oleh Kisah Schweinsteiger

Kompas.com - 19/04/2024, 19:54 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Eks gelandang Manchester United, Bastian Schweinsteiger buka suara soal perlakuan tak mengenakkan yang menimpanya saat bermain di bawah Jose Mourinho.

Bastian Schweinsteiger merupakan salah satu pilar tim di bawah pelatih Louis van Gaal pada 2015-2016. Dia bermain 31 kali di bawah asuhan pelatih asal Belanda tersebut.

Namun, dirinya hanya bisa menorehkan empat penampilan bersama Mourinho musim setelahnya hinggai aharus meninggalkan Man United menuju Chicago Fire di MLS pada 2017. 

Ternyata, ada alasan di balik pengasingan tersebut. Suatu hal yang ia baru ungkap kepada program Gary Neville The Overlap dan tayang pada Kamis (18/4/2024).

"Saya sangat sedih karena United adalah klub kedua di hati saya," kata Schweinsteiger.

"Saya memberikan banyak hal ketika bermain (bagi Man nited), jadi itulah mengapa saya sedih, tetapi saya bukan tipe orang yang berlari ke media." 

Baca juga: Kevin De Bruyne Lewati Rekor Rooney di Liga Champions Saat Bela Man United

"Lebih penting bagi saya untuk fokus pada sepak bola dan bersikap seperti yang saya lakukan."

Schweinsteiger ternyata mengalami hal tak mengenakkan di bawah asuhan Mourinho pada awal musim 2016-17.

"Ketika tiba pada hari pertama, saya berlatih dengan Zlatan Ibrahimovic dan berpikir bahwa dia hebat. Seorang pemain yang memiliki visi dan luar biasa untuk bermain bersama," kata Schweinsteiger.

"Keesokan harinya, pada hari ulang tahun saya, ketika berjalan ke (tempat latihan United) Carrington, (direktur sepak bola) John Murtough mengatakan bahwa saya tidak diizinkan masuk ke ruang ganti - sang pelatih telah memberi instruksi." 

"Tak ada peringatan apapun."

"Saya harus memintanya untuk membawakan sepatu dan perlengkapan latihan saya. Saya bertanya kepadanya dengan siapa saya berlatih, dan dia mengatakan ada tim U16, jadi saya pergi dan berlatih dengan tim U16," lanjut Schweinsteiger.

"Seseorang bisa bilang ke saya atau menjelaskannya dengan cara normal tetapi ya sudah saya ganti baju di ruang akademi dan berlatih dengan tim U16."

Baca juga: Liverpool Kalah Lagi, Ada Efek dari Laga Manchester United

Schweinsteiger kemudian sempat bertanya apakah permintaan Mourinho tersebut adalah lelucon.

Namun, Mourinho akhirnya mengatakan bahwa ia melakukan itu karena melihat dirinya tidak bahagia dengan di Man United karena ia melakukan rehab dengan dokter Jerman dan menghabiskan waktu di Jerman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com