Kompas.com - 25/04/2020, 09:00 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Dokter tim Arema FC, Dr Nanang Tri Wahyudi Sp. KO, berbagi tips untuk makan sahur dengan benar. Dia mengatakan sahur yang baik akan menentukan kualitas puasa.

Dr Nanang Tri Wahyudi Sp. KO mengatakan makan sahur sangatlah penting dalam berpuasa.

Sahur tidak ubahnya sebagai tempat pengisian bahan bakar terakhir sebelum menjalani puasa selama 14 jam.

Dia juga menyebut ada yang menyamakan urgensi makan sahur dengan makan siang atau sarapan yang digabung menjadi satu.

Baca juga: Sumbangkan Face Shield untuk Tenaga Medis, Arema FC Gandeng PSSI

Dr Nanang sangat menyarankan untuk sebisa mungkin makan sahur selama puasa.

Meski demikian, dokter yang mengenyam pendidiklan di Universitat de Barcelona tersebut mengatakan ada hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin sahur yang maksimal.

Salah satunya adalah memerhatikan asupan gizi dan nutrisi yang masuk.

“Sumber energinya dari karbohidrat, khususnya yang indeks glikemiknya rendah-sedang, sehingga kadar gula darah lebih stabil selama berpuasa, seperti kurma atau pisang,” kata mantan dokter Persija Jakarta tersebut kepada Kompas.com

"Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi dan mie, disarankan tidak terlalu banyak."

“Sumber bahan baku untuk regenerasi sel dari protein (lauk pauk), sumber serat, vitamin dari buah dan sayuran serta air putih cukup,” imbuhnya.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Tim Pelatih Arema FC Susun Program Khusus

Dr Nanang juga menyarankan untuk menghindari porsi berlebih serta hindari mengonsumsi porsi makanan yang berisiko menaikkan kadar gula darah terlalu tinggi.

“Hindari menu makanan yang mengandung terlalu banyak lemak, santan, gorengan, gula dan garam karena akan menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar sehingga tubuh mudah lemas saat berpuasa."

“Hindari juga minuman yang mempunyai efek diuretik atau memicu produksi urin seperti kopi, teh, dan soda, karena akan memicu pengeluaran cairan melalui ginjal,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.