Ribuan Pelari Siap Meriahkan Jabar International Marathon 2019

Kompas.com - 30/10/2019, 21:30 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat hadir dalam konferensi pers Jabar Internasional Marathon di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (30/10/2019). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat hadir dalam konferensi pers Jabar Internasional Marathon di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (30/10/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar  Jabar International Marathon (JIM) 2019 di Pantai Barat Pangandaran pada 1 Desember 2019.

Hingga saat ini, panitia mencatat ada 1.015 pelari yang telah mendaftar untuk mengikuti lomba tersebut.

Tak hanya diikuti pelari lokal, sejumlah pelari asing pun akan turut serta, seperti 14 pelari dari Kenya, satu orang dari Ethiopia, satu orang dari Australia, dan satu orang dari Amerika Serikat.

Ada empat kategori yang akan dilombakan, yakni 42 kilometer, 21 kilometer, 10 kilometer, dan 5 kilometer.

Hadiah total uang lebih dari Rp 600 juta siap dikucurkan bagi para pemenang.

Baca juga: Fun Run Panaskan Euforia Borobudur Marathon

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, JIM 2019 merupakan salah satu cara pemerintah mempromosikan Pangandaran untuk mendapat atensi dari calon wisatawan.

"Pangandaran ini punya potensi wisata yang luar biasa, sayang kalau tidak terekspose," kata Emil, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

"Pilihannya adalah mempromosikan melalui cara konvensional atau inovatif. Salah satu cara inovatif adalah melalui event," ujarnya.

Menurut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, konsep sport tourism berdampak positif terhadap peningkatan jumlah wisatawan.

Dalam setahun terakhir, Jeje menyebut kunjungan wisatawan ke Pangandaran meningkat hingga empat juta, baik turis lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Dua Rupa Jersey Borobudur Marathon, Minimalis dan Elegan

Jeje pun siap menyuguhkan berbagai pentas kebudayaan dan kuliner lokal bagi para pelari sebagai upaya memberikan kesan baik bagi para pengunjung.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X