Oezil Takkan Dikritik Jika Jerman Tampil Bagus pada Piala Dunia

Kompas.com - 03/08/2018, 15:04 WIB
Gelandang timnas Jerman, Mesut Oezil. menjalani latihan ringan di Rungghof, 7 Juni 2018. AFP/CHRISTOF STACHEGelandang timnas Jerman, Mesut Oezil. menjalani latihan ringan di Rungghof, 7 Juni 2018.

KOMPAS.com - Manuel Neuer mengatakan bahwa Mesut Oezil tidak akan menerima banyak kritik pedas soal fotonya bersama Presiden Turki jika Jerman bermain bagus pada Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, Oezil mendapat banyak kecaman akibat terlihat sangat gembira ketika bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Kontroversi ini termasuk alasan pemain 29 tahun itu pensiun dari timnas usai Piala Dunia 2018.

BAca Juga: CEO Bayern Merasa Terganggu dengan Pernyataan Mesut Oezil

Selain itu, Oezil juga mengeluhkan hubungan tidak harmonis dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), isu rasial, hingga isu politik.

Meski beberapa tokoh kenamaan dalam sepak Bola Jerman, seperti Presiden Bayern Muenchen, Uli Hoeness, mengecam keputusan Oezil, tidak demikan dengan Neuer. Penjaga gawang Jerman dan Bayern ini menilai Oezil memiliki hak penuh untuk memutuskan pensiun.

Dia juga mengatakan, seandainya Jerman tampil bagus pada Piala Dunia, Oezil tidak akan menjadi sasaran kritik.

"Jika Oezil dan Goendogan atau semua pemain lain (timnas Jerman) bermain bagus pada Piala Dunia, kami tidak akan berada di sini dan membicarakan hal ini," ucap Neuer sebagaimana dilansir Bolasport.com dari Sportskeeda.

Baca Juga: Dapat Perlakuan Rasialis, Mesut Oezil Pensiun dari Timnas Jerman

Jerman, yang menjadi juara Piala Dunia 2014, tersingkir secara tragis pada Piala Dunia 2018. Sang juara bertahan pulang dengan status juru kunci dalam penyisihan grup akibat kalah dalam laga pamungkas melawan Korea Selatan.

"Saya tidak kecewa dengan pensiunnya Oezil, itu merupakan keputusan masing-masing pemain," ujar Neuer.

Neuer juga mengatakan bahwa semua pemain timnas Jerman menghormati keputusan Oezil.

"Tentu saja kami menerima keputusan ini. Sebelum ini, banyak pemain lain yang juga memutuskan pensiun dari tim nasional setelah turnamen seperti Kejuaraan Eropa atau Piala Dunia," tutup Neuer. (Nina Andrianti Loasana)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X