Kompas.com - 31/08/2021, 16:07 WIB
Cristiano Ronaldo tampil dalam sebuah laga Liga Champions antara Manchester United dan Sporting CP di Lisbon, Portugal, 19 September 2007. FRANCISCO LEONG/AFPCristiano Ronaldo tampil dalam sebuah laga Liga Champions antara Manchester United dan Sporting CP di Lisbon, Portugal, 19 September 2007.

KOMPAS.com - Manchester United resmi telah menuntaskan transfer Cristiano Ronaldo pada Selasa (31/8/2021) sore WIB.

Sebelumnya, Manchester United telah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk merekrut Ronaldo pada Jumat (27/8/2021) malam WIB.

Transfer Ronaldo akhirnya rampung setelah semua dokumen dan tes medis telah berhasil diproses.

Megabintang asal Portugal itu diberikan kontrak berdurasi dua tahun plus opsi perpanjangan semusim.

Baca juga: Tes Medis Rampung, Transfer Ronaldo ke Man United Segera Tuntas

"Manchester United dengan senang hati mengonfirmasi penandatanganan Cristiano Ronaldo dengan kontrak dua tahun dengan opsi untuk memperpanjang satu tahun lagi," tulis pernyataan resmi Man United.

Melansir dari BBC, Man United mengeluarkan biaya transfer senilai 15 juta euro (sekitar Rp 250 miliar) untuk menebus CR7, julukan Ronaldo, dari Juventus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BBC juga melaporkan ada potensi bonus 8 juta euro (sekitar Rp 130 miliar) yang akan diberikan Man United kepada Juve untuk transfer Ronaldo.

Baca juga: Daniel James Menuju Leeds, Korban Kedatangan Ronaldo ke Man United

Kembali ke Old Trafford, Cristiano Ronaldo mengaku begitu bahagia karena Man United adalah tim yang selalu ada di hatinya.

"Manchester United adalah klub yang selalu memiliki tempat khusus di hati saya dan saya telah diliputi oleh semua pesan yang saya terima sejak pengumuman pada Jumat," kata CR7.

Baca juga: Resmi, Moise Kean Jadi Pengganti Cristiano Ronaldo di Juventus

Ini adalah kali kedua Cristiano Ronaldo bergabung dengan Manchester United. Sebelumnya, megabintang asal Portugal itu pernah menjadi pemain Man United pada medio 2003-2009.

Selama periode pertamanya di Old Trafford, pemain yang kini berusia 36 tahun itu telah mencetak 118 gol dalam 292 pertandingan di semua ajang.

Baca juga: Kembali ke Man United, Ronaldo Kirim Pesan Penuh Cinta dan Singgung Sir Alex Ferguson

CR7 juga meraih banyak gelar bersama Setan Merah, di antaranya adalah tiga trofi Liga Inggris, satu Piala FA, dua Piala Liga Inggris, serta Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

Ronaldo juga sekali memenangi Ballon d'Or saat menjadi pemain Man United pada tahun 2008.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.