Kompas.com - 03/05/2021, 20:00 WIB
Pemain Persebaya Surabaya Ricky R Kambuaya (kiri) mengejar Persib Bandung Erwin Ramdani saat laga babak 8 besar Piala Menpora 2021 yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (11/04/2021) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain Persebaya Surabaya Ricky R Kambuaya (kiri) mengejar Persib Bandung Erwin Ramdani saat laga babak 8 besar Piala Menpora 2021 yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (11/04/2021) malam.

KOMPAS.com - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, turut angkat bicara menanggapi wacana format Liga 1 2021.

Menurut rencana, Liga 2021 akan digelar dengan sistem bubble atau sentralisasi di Pulau Jawa.

Pelatih asal Malang itu mengakui tak ada salahnya jika kompetisi Liga 1 2021 benar-benar digelar dengan sistem bubble.

Baca juga: Teco Sebut Perampingan Kuota Pemain Asing Bakal Turunkan Kualitas Liga 1

 

Namun, perlu kajian terlebih dahulu tentang baik buruknya keputusan yang diambil oleh PSSI dan juga PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Secara pribadi, Aji Santoso setuju jika pelaksanaan kompetisi dilakukan terpusat atau tersentralisasi di Pulau Jawa.

Hal tersebut merupakan pilihan yang logis dan ideal mengingat pandemi virus Covid-19 di Indonesia belum bisa dipastikan kapan berakhir.

Dia meyakini, keputusan tersebut bisa mencegah penularan Covid 19.

Sebab, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan perpindahan tim yang tidak terlalu jauh, serta dapat ditempuh menggunakan transportasi darat.

Turnamen Piala Menpora 2021 bisa menjadi rujukan.

“Ya, kalau itu menurut kajian lebih baik, saya pikir bagus juga. Yang jelas, tentunya saya berharap keputusan-keputusan yang diambil cukup strategis,” kata pelatih berusia 52 tahun.

Baca juga: Kata RD Soal Penerapan Sistem Bubble ke Bubble di Liga 1 2021

“Artinya memang baik untuk dilaksanakan. Yang jelas saya pribadi apapun keputusannya mendukung yang penting baik,” imbuhnya.

Sambil menanti jadwal kepastian Liga 1 2021 dan regulasinya, Aji Santoso telah menyusun jadwal persiapan tim.

Seusai liburan Lebaran nanti, dia memastikan skuadnya telah komplet dan akan melakukan pemusatan latihan untuk mematangkan persiapan tim untuk menghadapi Liga 1 2021.

“Jadi masa setelah lebaran, kapan latihan, kapan melakukan pemusatan latihan, pemain asing kapan datang, pemusatan latihan di mana, uji coba hari apa aja dan tanggal berapa aja. Semua sudah siap, tinggal kami menjalankan aja nanti,” pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X