Kompas.com - 02/05/2021, 15:30 WIB
Pelatih Bali United kompetisi Liga 1 2019, Stefano Cugurra. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPelatih Bali United kompetisi Liga 1 2019, Stefano Cugurra.

BADUNG, KOMPAS.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menolak wacana perampingan kuota pemain asing Liga 1 2021.

Isu mulai beredar kalau kuota pemain asing di kompetisi nanti akan dikurangi menjadi total tiga orang dengan rincian dua pemain asing bebas dan 1 pemain asing Asia (2+1 Asia).

Skema ini berbeda dari sebelumya yang memperbolehkan tiga pemain asing dan satu pemain Asia (3+1 Asia).

Meski hanya selisih satu pemain, pelatih yang sudah dua kali menjuarai Liga 1 tersebut menilai perampingan kuota pemain ini bakal memberikan dampak yang sangat besar bagi Liga 1.

“Rencana itu tidak bagus. Pasti kualitas tim Liga 1 turun,” ujar pelatih asal Brasil tersebut kepada wartawan termasuk Kompas.com.

“Apalagi ada beberapa tim sudah teken kontrak sama empat pemain asing,” imbuhnya terhadap wacana perubahan kuota pemain asing ini.

Baca juga: Stefano Cugurra Soal Persipura Mundur dari Piala Menpora: Sepak Bola Indonesia Butuh Mereka

Pelatih yang akrab disapa Teco ini menyebut perubahan mendadak tersebut juga berpotensi menciptakan masalah baru ke depan.

Khususnya bagi tim-tim yang sudah terlanjur mengikat empat pemain asing dengan skema lama. Seluruh kontrak profesional pemain telah dilindungi secara regulasi oleh FIFA.

Berdasarkan kasus yang sudah-sudah, sengketa kasus pemutusan kontrak sepihak selalu merugikan klub.

Sanksi yang diterima mulai dari denda sampai larangan aktivitas di bursa transfer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X