Persik Fokus Benahi Mental Bermain Usai Kalah dari Persebaya

Kompas.com - 24/03/2021, 06:45 WIB
Seusai menahan imbang Persebaya Surabaya pada pekan pertama Liga 1 2020 1-1 pelatih Joko Susilo bersalaman dengan maskot Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/02/2020) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUSeusai menahan imbang Persebaya Surabaya pada pekan pertama Liga 1 2020 1-1 pelatih Joko Susilo bersalaman dengan maskot Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/02/2020) malam.

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, menyoroti mental anak asuhnya setelah dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-2 dalam pertandingan pertama fase penyisihan Grup C Piala Menpora 2021.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (23/3/2021) itu, kans Persik untuk memenangi laga sejatinya cukup terbuka.

Sebab, Persebaya terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Rizky Ridho mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-35.

Selain itu, Persik juga berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-62 melalui eksekusi penalti Andri Ibo.

Baca juga: Hasil Piala Menpora 2021 - Persebaya dan Madura United Menang dengan Skor Identik

Akan tetapi, Persebaya mampu bereaksi dengan cepat, membalas gol tersebut hingga akhirnya membalikkan kedudukan melalui dua gol penalti dari Samsul Arif Munip pada menit ke-67 dan ke-69.

"Kembali lagi mental, saya sudah bilang, saya memperbaiki taktik dan mental bermain. Mental apa? Di sini tentu mental juara, mental menang, dan mental menahan emosi atau lebih efektif lagi kita," kata Joko Susilo, seusai laga.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, Joko Susilo tidak terlalu kecewa dengan kekalahan tersebut. Sebab, performa para pemain Persik juga baru mencapai 70 persen. Selain itu, target utama Macan Putih adalah kompetisi resmi Liga 1 2021.

Oleh karena itu, pelatih yang akrab disapa Gethuk itu mengatakan, dia dan seluruh pemain Persik memetik pelajaran berharga dari hasil pertandingan melawan Persebaya.

Setidaknya, dia mengetahui bahwa masih banyak evaluasi yang harus dilakukan sebelum tampil di kompetisi yang sesungguhnya.

Baca juga: Aji Santoso Ungkap Kunci Kemenangan Persebaya atas Persik Kediri

"Tidak masalah karena ini dalam proses membangun tim, ini jadi pelajaran berharga bagi tim kami, meski tadi saya sampaikan di sebelum pertandingan di sini waktu meetingte tapi oke kami perbaiki di selanjutnya," kata Joko Susilo.

Lebih lanjut Joko Susilo mengatakan, secara permainan, Persik sejatinya mampu mengimbangi Persebaya. Apalagi, taktik yang diterapkannya mampu dijalankan dengan baik oleh para pemain.

Hanya, karena faktor mental yang belum teruji secara efektif membuat Persik harus menelan pil pahit dalam laga tersebut.

Oleh karena itu, ke depan, Joko Susilo akan terus mengasah mental bermain anak asuhnya, sambil menyempurnakan taktik dan strategi permainan yang akan diterapkan di kompetisi nanti.

"Pemain sebenarnya bisa menjalankan taktik sesuai instruksi. Kami tetap konsisten dengan taktik yang kami jalankan, hanya memang mental masih harus dibenahi. Pemain harus bisa mengendalikan semuanya dengan situasi apa pun," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X