Kompas.com - 26/01/2021, 11:11 WIB
Wayne Rooney menjadi pelatih tim utama Derby County menggantikan Phillip Cocu pada medio November 2020. AFP/DARREN STAPLESWayne Rooney menjadi pelatih tim utama Derby County menggantikan Phillip Cocu pada medio November 2020.

KOMPAS.com - Kondisi krisis finansial yang mendera klub divisi kedua Liga Inggris, Derby County, memiliki dampak langsung terhadap nasib pemain serta semua staf di tim tersebut belakangan ini.

Bahkan, sejumlah sumber menyebut, para pemain tim utama Derby baru menerima pembayaran gaji untuk periode Desember lalu pada awal pekan ini.

Dalam kesempatan berbeda, Derby telah menjanjikan untuk mencairkan upah para pemain untuk periode Januari, sebelum akhir pekan ini.

Situasi tersebut membuat Wayne Rooney, yang ditunjuk sebagai pelatih tim utama pada pengujung tahun lalu, meminta pihak klub untuk sementara waktu menunda pembayaran gajinya.

Baca juga: Wayne Rooney: Man United Bisa Juara Liga Inggris Musim Ini

Seperti dilansir Kompas.com dari Daily Mail, Rooney mengajukan permintaan tersebut agar pihak klub bisa lebih dahulu memenuhi kewajiban kepada pemain dan pegawai lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Besaran gaji mantan penyerang timnas Inggris itu sebagai pelatih Derby mencapai 90.000 poundsterling (sekitar 1,73 miliar) per pekan.

Angka tersebut diperolehnya dalam kesepakatan kerja berdurasi satu tahun, yang diambil dari perhitungan gaji Rooney ketika masih aktif menjadi pemain untuk klub tersebut sejak musim lalu.

Penghasilan pria 35 tahun itu juga disebut menjadi yang terbesar di antara para pemain dan staf, sejak didatangkan dari DC United pada Januari 2020.

Untuk sementara waktu, Rooney telah setuju untuk tidak dibayar selama menjadi pelatih Derby, jika terdapat kemungkinan para pemainnya juga tidak mendapat upah sesuai nominal kontrak.

Baca juga: Wayne Rooney Pensiun dan Jadi Pelatih, Sir Alex Ferguson Kirim Petuah

Rooney juga disebut meminta pihak klub untuk menangguhkan pembayaran gajinya hingga Derby dapat menemukan pemilik sekaligus investor baru dalam waktu dekat.

Proses pengambilalihan klub oleh pihak Derventio Holdings dari pemilik sebelumnya, Mel Morris, dan keluarga sendiri diharapkan selesai sebelum musim ini berakhir.

Saat ini, Derby masih berada di papan bawah klasemen sementara divisi kedua Liga Inggris (Championship), tepatnya pada posisi ke-21 dari 24 tim.

Sentuhan Rooney sendiri saat melatih Derby pun mulai membuahkan hasil dengan raihan tiga kemenangan di ajang liga.



Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.