Perihal Regulasi U20, Jacksen Tiago Tidak Pernah Pandang Bulu Soal Pemain Muda

Kompas.com - 28/08/2020, 19:20 WIB
Persipura Jayapura latihan rutin untuk persiapan lanjutan Liga 1 2020 di lapangan Agrokusuma Batu, Jawa Timur, Senin (24/08/2020) pagi. KOMPAS.com/Suci RahayuPersipura Jayapura latihan rutin untuk persiapan lanjutan Liga 1 2020 di lapangan Agrokusuma Batu, Jawa Timur, Senin (24/08/2020) pagi.

BATU, KOMPAS.com - Jacksen F Tiago memastikan wacana penerapan regulasi U20 pada lanjutan Liga 1 2020 tidak akan menggangu laju Persipura Jayapura.

Dia menegaskan regulasi khusus pemain muda tersebut tidak jadi masalah yang perlu dirisaukan di Persipura Jayapura.

Jacksen F Tiago mengakui selama kariernya sebagai pelatih dia tidak pernah anti dengan pemain muda.

Baginya, patokan utama seorang pemain adalah kemampuan, dedikasi, dan kesungguhan untuk tampil dengan tujuan memenangkan pertandingan.

Baca juga: Sylvano Comvalius Pamit dari Persipura Jayapura

Jacksen tidak akan segan memberikan kesempatan berapa pun usia anak asuhnya ketika seorang pemain dirasa memiliki, atau bahkan melampaui, kriteria yang dibutuhkan.

“Saya selama ini tidak pernah pandang umur. Kalau saya berapapun usianya kalau dia punya kemampuan tidak masalah,” kata pelatih asal Brasil.

Oleh karena itu, ada atau tidaknya regulasi U20, Jacksen F Tiago akan tetap melirik para pemain muda di skuad Persipura.

Ideologi itu membuat Jacksen memliki sikap fleksibel terharap regulasi semacam ini.

Sehingga, dia mudah beradaptasi dengan perubahan regulasi pemain muda yang berbeda-beda setiap tahunnya.

Baca juga: Alasan Jacksen Tiago Tak Pernah Mau Bicarakan Kontrak Pemain

“Buat saya hal itu (regulasi U20) tidak memberatkan. Saya justru menilai selama ini adalah salah satu kelebihan yang saya punya,” ucap mantan pelatih Barito Putera tersebut.

Kendati demikian, Jacksen F Tiago tetap memiliki beberapa pertanyaan mengenai regulasi U20. Khususnya, terkait masalah kejelasan detil regulasi yang akan diterapkan.

Sejumlah perubahan skema juga membuatnya menuntut rilis resmi mengenai kepastian skema yang akan digunakan.

“Saya cma belum tahu prosesnya seperti apa. Ada yang bilang wajib main ada yang bilang tidak. Ada yang bilang wajib daftar saja,” pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X