Akhir Penderitaan 16 Tahun Leeds United untuk Kembali ke Premier League

Kompas.com - 18/07/2020, 05:50 WIB
Kandang Leeds United, Elland Road. Leeds United kembali ke kasta teratas Liga Inggris pada Jumat (18/7/2020) setelah West Brom kalah kontra Huddersfield. KOMPAS.com/Firzie A. IdrisKandang Leeds United, Elland Road. Leeds United kembali ke kasta teratas Liga Inggris pada Jumat (18/7/2020) setelah West Brom kalah kontra Huddersfield.

KOMPAS.com - Leeds United memastikan diri promosi ke Premier League pada Sabtu (18/7/2020) dini hari WIB. Ini adalah akhir penderitaan 16 tahun bagi kubu asal Yorkshire tersebut.

Kepastian ini didapat setelah West Brom kalah 1-2 kontra Huddersfield Town.

Hassil tersebut memastikan Leeds paling rendah akan finish di posisi kedua Championship Division, kasta kedua Liga Inggris.

Leeds bisa menjadi juara apabila Brentford gagal mengalahkan Stoke pada akhir pekan ini atau jika mereka sendiri bisa mengambil poin melawan Derby County.

Leeds dominan di Championship dengan tak pernah keluar dari dua besar klasemen sejak November.

Baca juga: Leeds United Akhirnya Kembali ke Premier League Setelah 16 Tahun Lamanya

Leeds melakoni perjalanan panjang untuk kembali ke Premier League. 

The Whites menjadi salah satu contoh yang paling sering disebut apabila membicarakan klub dengan besar pasak daripada tiang.

Leeds lolos ke kompetisi antarklub Eropa selama beberapa tahun beruntun pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Mereka bahkan menembus semifinal Liga Champions 2001.

Namun, klub ternyata meminjam uang dalam jumlah besar untuk membeli pemain-pemain terbaik, mempertaruhkan pendapatan hak siar dan hadiah uang di Liga Champions dengan performa di lapangan.

Striker AC MIlan, Andriy Shevchenko, berupaya menembus pertahanan Leeds United pada laga Liga Champions Grup H di Elland Road, 19 September 2000.AFP/GERRY PENNY Striker AC MIlan, Andriy Shevchenko, berupaya menembus pertahanan Leeds United pada laga Liga Champions Grup H di Elland Road, 19 September 2000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X