Liverpool Juara Liga Inggris, Klopp Sukses Menghancurkan Berbagai Dominasi

Kompas.com - 26/06/2020, 09:53 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp. LAURENCE GRIFFITHS / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFPPelatih Liverpool, Juergen Klopp.
|

KOMPAS.COM - Liverpool berhasil menjuarai Liga Inggris musim 2019-2020.

Kepastian Liverpool menjadi kampiun terjadi seusai Manchester City kalah dari Chelsea dengan skor 1-2 pada Kamis (25/6/2020).

Kekalahan tersebut membuat Man City yang berada di peringkat kedua (63 poin) tidak bisa menyalip Liverpool di peringkat pertama (86 poin) dengan 7 laga tersisa.

Kesuksesan Liverpool merengkuh gelar ke-19 Liga Inggris berkat kejeniusan Juergen Klopp sejak datang ke Stadion Anfield pada Oktober 2015.

Sekaligus menjadi sebuah pengakuan bahwa Klopp berhasil menghancurkan berbagai dominasi yang terjadi di Liga Inggris. 

Pertama, Klopp menjadi pelatih Jerman pertama yang sukses meraih gelar juara Liga Inggris. Sebelumnya, tak ada satu pun pelatih asal Jerman yang berhasil menjuarai Liga Inggris. 

Gelar Liga Inggris didominasi oleh pelatih asal Inggris, Skotlandia, Perancis, Italia, Portugal, dan Spanyol. 

Baca juga: 7 Momen Emas Perjalanan Liverpool Juara Liga Inggris 2019-2020

Kemudian keberhasilan pelatih berusia 53 tahun itu sekaligus menghancurkan dominasi Italia dan Spanyol dalam 5 musim terakhir.

Dua pelatih asal Italia, Claudio Ranieri, dan Antonio Conte, secara bergantian mampu meraih gelar juara.

Seusai Claudio Ranieri membawa Leicester City juara 2015-2016, giliran Conte yang berpesta gelar juara pada musim berikutnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X