Profil Juergen Klopp, Sosok Penting di Balik Akhir Penantian 30 Tahun Liverpool

Kompas.com - 26/06/2020, 08:58 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp. LAURENCE GRIFFITHS / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFPPelatih Liverpool, Juergen Klopp.

KOMPAS.com - Kesuksesan Liverpool dalam gelaran Liga Inggris musim 2019-2020 tak lepas dari peran penting sang pelatih, Juergen Klopp.

Sejak juru taktik berkebangsaan Jerman itu berlabuh ke Stadion Anfield pada Oktober 2015, Liverpool terus menunjukkan peningkatan dari musim ke musim.

Namun, bukan tanpa rintangan, sebelum peningkatan besar-besaran itu terwujud, Juergen Klopp sempat mengalami kesulitan pada musim pertamanya bersama Liverpool.

Dia harus melalui masa transisi yang terbilang sulit dari era kepemimpinan pelatih sebelumnya, Brendan Rodgers.

Laga debut Juergen Klopp bersama Liverpool pun berakhir antiklimaks. Mereka ditahan imbang Tottenham Hotspur di Stadion Anfield, 17 Oktober 2015, dengan skor kacamata alias 0-0.

Tuah pelatih kelahiran Stuttgart, 16 Juni 1967, itu baru terasa ketika Liverpool sukses memetik kemenangan tandang secara beruntun atas dua klub raksasa Liga Inggris, Chelsea dan Manchester City.

Baca juga: Sebelum Gabung Liverpool, Juergen Klopp Nyaris Direkrut Timnas Meksiko

Akan tetapi, di balik ketangguhan kala menghadapi klub-klub besar, Liverpool di bawah asuhan Klopp justru kerap tersandung tim penghuni papan tengah klasemen Liga Inggris.

Hal tersebut membuat Klopp harus puas finis di peringkat kedelapan klasemen pada musim perdananya.

Pada musim-musim selanjutnya, perlahan tetapi pasti, Juergen Klopp sukses membawa Liverpool kembali ke lima besar klasemen dan berada di jalur persaingan menuju trofi Liga Inggris.

Penantian 30 tahun Liverpool kemudian berakhir pada gelaran Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, musim 2019-2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X