Umuh Muchtar Menyarankan Kompetisi Berlanjut Setelah Wabah Covid-19 Reda

Kompas.com - 28/05/2020, 05:20 WIB
Skuat Persib Bandung melakoni sesi latihan perdana setelah libur panjang menuju awal kompetisi 2020, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (10/1/2020). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHASkuat Persib Bandung melakoni sesi latihan perdana setelah libur panjang menuju awal kompetisi 2020, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (10/1/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, berharap kompetisi Liga 1 2020 kembali bergulir dengan catatan wabah virus corona di Indonesia reda.

Penyelenggaraan kompetisi sepak bola Indonesia ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020 karena wabah virus corona.

Hal ini dituliskan dalam Surat Keputusan PSSI tertanggal 27 Maret 2020 dengan penangguhan berlaku hingga 29 Mei.

Dalam surat tersebut disebutkan, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 bisa dihentikan apabila Pemerintah RI memperpanjang Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana setelah tanggal 29 Mei 2020 dan/atau PSSI memandang situasi belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi.

Baca juga: Curhat Penyerang Persib Putri Rayakan Lebaran di Tengah Pandemi Corona

Akan tetapi bila grafik penyebaran wabah virus corona di Indonesia melandai pada akhir Mei ini, kemungkinan besar kompetisi bisa kembali digelar pada Juli 2020.

Umuh mengatakan, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) harus bisa mengambil keputusan dengan bijak.

Menurut dia, keputusan tidak bisa diambil secara gegabah. Melainkan, harus melihat dulu situasi dan kondisi di dalam negeri terkait wabah virus corona.

Kalaupun kompetisi berlanjut, sebaiknya digelar dengan standar protokol kesehatan yang baik atau menunggu hingga wabah virus corona di Indonesia benar-benar reda.

Sebab, ada banyak risiko untuk melanjutkan kompetisi di tengah situasi seperti ini.

"Harus diperhitungkan dengan matang jangan gegabah memutuskan karena Covid-19 ini sangat berbahaya. Menurut saya tunggu saja dulu beberapa waktu ini," ungkap Umuh, Rabu (27/5/2020) malam WIB.

Baca juga: Bek Kiri Persib Ungkap Tradisi yang Hilang dalam Perayaan Lebaran Tahun Ini

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X