Lazio Protes Kebijakan Pencegahan Virus Corona di Serie A

Kompas.com - 14/05/2020, 11:40 WIB
Pemain Lazio, Bastos, merayakan gol kontra Sampdoria pada laga Liga Italia Serie A di Estadio Olympico, 18 Januari 2020. AFP/ALBERTO PIZZOLIPemain Lazio, Bastos, merayakan gol kontra Sampdoria pada laga Liga Italia Serie A di Estadio Olympico, 18 Januari 2020.


KOMPAS.com - Kepala medis Lazio, Ivo Pulcini, mengaku tak setuju dengan aturan Serie A yang mewajibkan seluruh tim dikarantina jika ada satu pemain atau staf yang positif virus corona.

Diberitakan KOMPAS.com sebelumnya, Liga Italia berpotensi dilanjutkan kembali pada 13 Juni 2020.

Seiring dengan dilanjutkannya sisa kompetisi musim ini di tengah pandemi virus corona, sejumlah peraturan ketat pun dibuat oleh pihak Serie A, kasta teratas Liga Italia.

Salah satunya adalah mengisolasi seluruh tim jika satu pemain atau stafnya terjangkit virus corona.

Baca juga: Dua Spanduk Protes soal Rencana Melanjutkan Serie A

Kebijakan tersebut berbeda dengan yang dilakukan Bundesliga, kasta teratas Liga Jerman.

Protokol penanganan Covid-19 di Bundesliga hanya mewajibkan orang yang positif virus corona untuk diisolasi selama dua pekan.

"Dalam pandangan saya, kebijakan seluruh tim yang dikarantina karena satu orang dinyatakan positif itu benar-benar konyol," kata Ivo Pulcini seperti dilansir dari Football Italia.

"Komite saintis tidak ingin mendengarkan petugas medis yang bekerja di bidang sepak bola. Padahal, mereka yang sebenarnya tahu apa yang terjadi di lapangan," ujarnya.

Ivo Pulcini juga mengatakan bahwa dalam hal ini merupakan wewenang klub untuk memutuskan langkah selanjutnya jika ada pemain atau staf yang terjangkit virus corona.

"Dalam hal ini, izinkan kami yang bertanggung jawab untuk memutuskan seluruh tim tidak perlu dikarantina. Mari kita ikuti kebijakan Jerman yang hanya mengisolasi orang positif selama 15 hari," kata Pulcini.

Baca juga: Jika Berlanjut Kembali, Liga Italia Punya Utang 114 Laga

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X