Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2020, 16:50 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Nyaris dua bulan lebih tatkala Liga Italia tertunda usai Perdana Menteri Giuseppe Conte menetapkan kondisi lockdown lantaran pandemi corona, rencana memulai kembali liga tersebut kian mengemuka.

Baca juga: Digertak Menpora, Liga Italia Terus Mencari Protokol Bergulir Kembali

Federasi sepak Bola Italia (FIGC) sudah berhitung bahwa Liga Italia punya utang 114 laga yang tertunda dan harus diselesaikan.

Partai Liga Italia, Juventus dan Inter Milan, dimainkan tanpa penonton di Juventus Stadium pada Minggu (8/3/2020) sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona di Italia.AFP/VINCENZO PINTO Partai Liga Italia, Juventus dan Inter Milan, dimainkan tanpa penonton di Juventus Stadium pada Minggu (8/3/2020) sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona di Italia.

Sementara itu, FIGC saat ini masih bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Italia untuk persiapan para pemain berlatih individual sebelum liga bergulir kembali.

"Protokol dan logistik tengah dipersiapkan untuk maksud itu," kata Sandra Zampa dari Kementerian Kesehatan Italia.

Pemain depan Italia asal Italia Ciro Immobile (tengah), pemain tengah Lazio asal Serbia Sergej Milinkovic-Savic (2ndL Rear) dan rekan satu tim merayakannya di akhir pertandingan sepak bola Serie A Italia Lazio Roma vs Inter Milan pada 16 Februari 2020 di stadion Olimpiade di RomaAFP/FILIPPO MONTEFORTE Pemain depan Italia asal Italia Ciro Immobile (tengah), pemain tengah Lazio asal Serbia Sergej Milinkovic-Savic (2ndL Rear) dan rekan satu tim merayakannya di akhir pertandingan sepak bola Serie A Italia Lazio Roma vs Inter Milan pada 16 Februari 2020 di stadion Olimpiade di Roma

Sementara, para pemain sudah mendapatkan izin berlatih individual di fasiltas klub masing-masing mulai Senin (4/5/2020).

Sementara, pada Senin (18/5/2020), latihan dalam tim diperkenankan meski melalui protokol kesehatan pencegahan corona yang ketat.

Ilustrasi virus coronaShutterstock Ilustrasi virus corona

Lantas, jika tak ada kejadian yang membahayakan, laga resmi akan segera berlangsung.

"Jika pandemi bisa kita kontrol, akan lebih banyak sektor dibuka kembali, termasuk industri olahraga," kata Sandra Zampa.

Gelandang Cagliari asal Brasil, Joao Pedro melakukan sundulan selama pertandingan sepak bola Serie A Italia, Napoli vs Cagliari pada 25 September 2019 di stadion San Paolo di Naples.AFP/ANDREAS SOLARO Gelandang Cagliari asal Brasil, Joao Pedro melakukan sundulan selama pertandingan sepak bola Serie A Italia, Napoli vs Cagliari pada 25 September 2019 di stadion San Paolo di Naples.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Xinhuanet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+