Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali United Harap Jadwal Pasti Championship Series untuk Lawan Persib

Kompas.com - 01/05/2024, 22:46 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Reguler Series Liga 1 2023-2024 selama 34 telah rampung dilaksanakan. Kini empat tim penghuni klasemen empat besar bersiap untuk memasuki babak Championship Series.

Keempat tim itu adalah Borneo FC (70 poin), Persib Bandung (62 poin), Bali United (58 poin) dan Madura United (55 poin).

Championship Series ini akan menggunakan format sistem gugur dalam dua pertemuan, home dan away.

Posisi pertama klasemen akhir yang dihuni juara babak reguler Borneo FC akan melawan posisi ke-4 Madura United. Adapun posisi ke-2 yang ditempati Persib melawan posisi ke-3, yaitu Bali United.

Baca juga: Evaluasi Febri Hariyadi, Mulai Dapat Kesempatan Lagi di Persib

Namun, sehari jelang laga terakhir, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2023-2024 melalui surat bernomor 515/LIB-COR/IV/2024 menginformasikan pergeseran jadwal.

Ada tiga opsi terkait jadwal championship series yang disesuaikan dengan nasib timnas U23 Indonesia yang sedang berjuang di Piala Asia U23 2024 Qatar.

Timnas U23 Indonesia akan menjalani laga perebutan peringkat ketiga sekaligus penentu lolos Olimpiade Paris 2024 melawan Irak yang akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5/2024) malam.

Pemenang pada laga perebutan peringkat ketiga nanti bakal meraih tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024. Adapun tim peringkat keempat Piala Asia U23 2024 akan menjalani babak playoff melawan wakil Afrika, Guinea pada 9 Mei mendatang.

Baca juga: 3 Skenario Timnas U23 Indonesia Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

Sebab itu, untuk mendukung perjuangan timnas U23 Indonesia merebut tiket Olimpiade 2024 dan kontestan Championship Series yang dapat tampil dengan kekuatan penuh, PT LIB memutuskan agar penentuan jadwal Championship Series tergantung hasil tim Garuda di Piala Asia U23.

"Keberhasilan timnas U23 Indonesia membuka peluang besar bagi Indonesia untuk lolos ke Olimpiade 2024 di Paris. Hal ini mendorong LIB untuk menyesuaikan jadwal babak Championship Series agar tidak mengganggu persiapan dan fokus timnas U23 di turnamen internasional tersebut," tulis PT LIB di laman resminya.

Pelatih Bali United di Liga 1 2023-2024 Stefano Cugurra.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pelatih Bali United di Liga 1 2023-2024 Stefano Cugurra.

 

Sementara itu, atas jadwal yang masih menunggu ini, pelatih Bali United Stefano Cugurra berharap segera ditentukan agar tim dapat menyusun persiapan dengan latihan yang benar. 

Terlebih Bali United akan menghadapi tantangan berat melawan Persib Bandung di Championship Series nanti.

Tim besutan pelatih Bojan Hodak tersebut menjadi tim paling produktif dengan koleksi 65 gol. Sebagai perbandingan dengan tim empat besar lainnya, Borneo FC hanya mengoleksi 53 gol, Bali United mencetak 55 gol dan Madura United 58 gol.

Serdadu Tridatu jelas membutuhkan persiapan lebih untuk menghadapi ketajaman tim berjuluk Maung Bandung itu.

Baca juga: Kesulitan Pelatih Persib soal Championship Series Liga 1 Ditunda

"Persib tim yang sangat bagus, konsisten, dalam liga tahun ini layak juga masuk 4 besar. Kami pasti punya dua pertandingan sangat menarik di Bali dan Bandung. Dua tim mempunyai kualitas dan pemain yang bagus," ujar pelatih asal Brasil itu. 

"Kami pasti respek sama mereka. Mudah-mudahan kami mempunyai waktu persiapan yang benar. Waktu pertandingan kita bisa menang di laga pertama di home," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com