Sosok Penting di Balik Kesuksesan Pelatih Bali United Stefano Cugurra

Kompas.com - 25/04/2020, 21:40 WIB
Stefano Cugurra menyalami suporter setelah dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (22/12/2019) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUStefano Cugurra menyalami suporter setelah dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (22/12/2019) malam.

KOMPAS.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, merupakan salah satu juru taktik tersukses yang pernah tampil di kompetisi teratas Liga Indonesia.

Hal tersebut terbukti setelah berhasil mempersembahkan gelar juara Shopee Liga 1 dalam dua musim beruntun. Masing-masing bersama Persija Jakarta (2018) dan Bali United (2019).

Prestasi yang ditorehkan Stefano Cugurra terasa semakin sempurna setelah dirinya dinobatkan sebagai pelatih terbaik (best coach) dalam dua musim terakhir.

Bahkan hingga saat ini, Teco masih disegani setelah mengawali gelaran Liga 1 2020 dengan menjanjikan.

Kendati sempat ditahan imbang Persita Tangerang pada laga pembuka, pria yang akrab disapa Teco itu berhasil membawa Bali United bangkit dan menyapu bersih dua pertandingan sisa sebelum kompetisi ditangguhkan akibat wabah virus corona.

Baca juga: Lagi, Stefanno Teco Cugurra Masuk Nominasi Pelatih Terbaik Liga 1

Hasil tersebut membuat Bali United bertengger di posisi kedua klasemen sementara dengan raihan tujuh poin.

Mereka tertinggal dua poin dari Persib Bandung yang memuncaki klasemen setelah memetik kemenangan dalam tiga laga awal Shopee Liga 1 2020.

Sebelum sukses bersama Persija dan Bali United, Teco ternyata juga pernah menjadi bagian dalam skuad juara Persebaya Surabaya pada 2004.

Kala itu, ia berstatus sebagai asisten pelatih Jacksen F Tiago.

Namun, setelah itu ia tidak langsung melanjutkan karier kepelatihan di Indonesia, melainkan di negara tetangga, Malaysia hingga Thailand.

Baca juga: Teco Ungkap Mengapa Pemain asal Brasil Lebih Adaptif di Liga Indonesia

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X