Teco Ungkap Mengapa Pemain asal Brasil Lebih Adaptif di Liga Indonesia

Kompas.com - 19/04/2020, 21:00 WIB
Pelatih Bali United, Stefano Teco Cugurra. Dok. Bali UnitedPelatih Bali United, Stefano Teco Cugurra.

KOMPAS.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menilai bahwa para pemain asal Brasil lebih cepat beradaptasi ketimbang para pemain dari negara lain ketika bermain di Liga Indonesia, khususnya Liga 1.

Hal itu ia ungkapkan lewat laman resmi Bali United pada Sabtu (18/4/2020).

"Saya pikir pemain Brasil memiliki adaptasi lebih cepat dibandingkan pemain dari negara lain untuk bermain di Indonesia dan bisa bantu tim beri prestasi," ucap Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra.

Teco secara khusus menyoroti beknya asal Brasil, Willian Pacheco, yang memiliki andil besar di Bali United.

Baca juga: Pelatih Bali United Optimistis Liga 1 Musim Ini Bisa Dilanjutkan

Selain itu, nama-nama seperti Alex dos Santos (Persikabo) dan Renan Silva (Bhayangkara FC) tak luput dari perhatiannya.

Menurut Teco, mudahnya pemain Brasil beradaptasi di Liga 1 karena suasana di Negeri Samba mirip dengan di Indonesia.

"Negara Brasil adalah negara besar dengan banyaknya pemain bola," tutur pelatih asal Rio de Janeiro, Brasil, itu.

"Ada pemain yang bagus tapi tidak bisa masuk atau bertahan lama di tim besar yang ada di Brasil. Sehingga mereka lebih memilih bermain di luar negara Brasil, salah satunya Indonesia karena suasana di Brasil mirip dengan Indonesia," ujar Teco.

Sebelum Willian Pacheco, Alex dos Santos, dan Renan Silva, banyak pemain Brasil yang sempat meramaikan persepakbolaan nasional.

Carlos de Mello, Jacksen F. Tiago, Luciano Leandro, Antonio Claudio, David da Rohca, Hilton Moreirra, Patrick Cruz, hingga Arthur Cunha, pernah sukses bersama klub-klubnya masing-masing di Liga Indonesia.

Saat ini, ada juga Wander Luiz, penyerang Persib Bandung, yang menduduki top skor sementara Liga 1 2020 dengan torehan empat gol.

Baca juga: 2 Striker Berbahaya Liga 1 Versi M Ridho, Tak Ada Nama Wander Luiz



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X