Laskar Joko Tingkir, Simbol Perjuangan Persela Lamongan dari Titik Nol

Kompas.com - 23/04/2020, 07:40 WIB
Aksi suporter Persela Lamongan saat bertandang ke Stadion Gelora Bung Tomo di Liga 1 musim lalu. Ribuan Persela Fans bakal membirukan stadion terbesar kedua di Indonesia pada laga uji coba Persebaya melawan Persela bertajuk Jogo Suroboyo Game, Sabtu (10/5/209) malam. persebaya.idAksi suporter Persela Lamongan saat bertandang ke Stadion Gelora Bung Tomo di Liga 1 musim lalu. Ribuan Persela Fans bakal membirukan stadion terbesar kedua di Indonesia pada laga uji coba Persebaya melawan Persela bertajuk Jogo Suroboyo Game, Sabtu (10/5/209) malam.


LAMONGAN, KOMPAS.com - Dari sederet nama julukan tim sepak bola, Persela Lamongan memilki julukan cukup menarik. Selain karena menggunakan nama tokoh sejarah, julukan ini juga menimbulkan perdebatan.

Julukan Persela LamonganLaskar Joko Tingkir, terdiri dari dua bagian.

Pertama adalah Laskar yang berarti tentara, kelompok, atau pasukan. Kedua adalah Joko Tingkir sebuah tokoh legenda tanah Jawa.

Jika dijabarkan secara harfiah, Laskar Joko Tingkir bermakna Pasukan Joko Tingkir.

Menariknya, cerita sejarah Joko Tingkir lebih banyak berpusat pada Kerajaan Demak yang berlokasi di Jawa Tengah.

Baca juga: Solidaritas Covid-19, Persela Lamongan Lelang Koleksi Bersejarah

Bahkan, Joko Tingkir adalah raja pertama Kerajaan Pajang (peralihan kekuasaan dari kerajaan Demak) yang berpusat di sekitar Surakarta sekitar 250 kilometer dari Lamongan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sini kemudian muncul banyak pertanyaan. Mengapa Persela Lamongan memutuskan menggunakan tokoh dari daerah lain sebagai simbol identitas?

Padahal menurut sejarah, Lamongan juga memiliki tokoh pejuang dalam diri Angling Dharma.

Tidak ada hal salah apabila Persela Lamongan menggunakan julukan Laskar Angling Dharma, yang saat ini digunakan oleh Persibo Bojonegoro.

Selain Angling Dharma, Lamongan juga terkenal dengan Sunan Drajat. Bahkan, sempat ada gerakan untuk menggemakan julukan Laskar Sunan Drajat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.