Kompas.com - 09/07/2017, 12:12 WIB
Romelu Lukaku (kanan) dan Wayne Rooney berjabat tangan saat Everton melawan Manchester United pada partai Piala FA di Stadion Goodison Park, 23 April 2016. BEN STANSALL/AFPRomelu Lukaku (kanan) dan Wayne Rooney berjabat tangan saat Everton melawan Manchester United pada partai Piala FA di Stadion Goodison Park, 23 April 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Manchester United dan Everton kembali memamerkan "kemesraan" pada bursa transfer musim panas 2017. Kali ini, objeknya adalah Romelu Lukaku dan Wayne Rooney.

Telah diumumkan oleh Manchester United, Sabtu (8/7/2017), pihak klub mencapai kesepakatan harga dengan Everton untuk kepindahan Lukaku. Striker asal Belgia itu tinggal melakukan tes medis dan tanda tangan kontrak.

Pada hari yang sama, Rooney menampakkan diri di markas Everton yang notabene mantan klubnya ketika remaja. Di sana, dia telah menuntaskan uji kelayakan fisik.

Sebelum Lukaku dan Rooney, kedua klub tergolong sudah sering mencapai kesepakatan transfer pemain. Totalnya mencapai 16 transaksi.

Turut serta nama-nama besar seperti Phil Neville, Rooney, Tim Howard, Louis Saha, Marouane Fellaini, dan Morgan Schneiderlin.

Hebatnya lagi, mereka memberikan efek signifikan untuk tim tujuan. Tengok saja daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester United yang menempatkan Rooney di posisi teratas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, sebelum pindah, Rooney juga masih berstatus sebagai kapten tim beralias Setan Merah. Tugas tersebut diemban dia sejak Nemanja Vidic hengkang pada 2014.

Begitu pula di kubu seberang. Setelah meninggalkan Old Trafford, Phil Neville menjadi andalan di lini belakang Everton. Ban kapten sejak 2013 menjadi salah satu bukti sahih.

Atau, tengok saja posisi teratas daftar pemain dengan penampilan terbanyak Everton di kompetisi antarklub Eropa. Ada Howard yang direkrut secara permanen dari Man United pada 2007.

Baca juga: Barcelona Ceraikan Tukang Cetak Gol Bunuh Diri

Menilik efek tersebut, tidaklah mengherankan apabila Manchester United dan Everton kerap melibatkan dana besar dalam transaksi pemain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X