Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skenario Inter untuk Pastikan Scudetto dalam Derbi Lawan AC Milan

Kompas.com - 02/04/2024, 17:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Inter Milan hanya butuh 11 poin untuk menyegel gelar juara Liga Italia. Skenario ideal Nerazzurri adalah merayakan scudetto tepat dalam derbi kontra AC Milan.

Raihan kemenangan 2-0 atas Empoli pada pekan ke-30 Liga Italia 2023-2024 mendekatkan Inter Milan kepada titel scudetto.

Gol Federico Dimarco (5') serta Alexis Sanchez (81') menjadi penentu hasil duel Inter vs Empoli di Stadion Giuseppe Meazza, Selasa (2/4/2024) dini hari WIB.

Secara matematis, pasukan beralias Il Nerazzurri (Si Hitam-Biru) hanya membutuhkan tambahan 11 poin untuk mengamankan gelar juara Liga Italia 2023-2024.

Baca juga: Emil Audero dan Clean Sheet Ke-19 Inter di Serie A, Andil Kiper Berdarah Indonesia

Tambahan 11 angka bakal mengantar tim asuhan Simone Inzaghi mencapai 90 poin.

Perolehan itu tidak akan mungkin lagi dikejar oleh AC Milan, rival terdekat yang menghuni posisi dua klasemen Liga Italia 2023-2024.

Mengingat kompetisi Serie A Liga Italia tinggal menyisakan delapan pekan, AC Milan hanya akan bisa mencapai poin maksimal 89.

Bahkan, Inter juga punya kans besar memastikan gelar juara pada pekan ke-33, dalam partai Derby della Madonnina melawan AC Milan.

Syarat agar Inter bisa memastikan titel scudetto ke-20 saat melawan Milan adalah mereka perlu terus menjaga keunggulan 14 angka dari sang tetangga itu sampai jelang pekan ke-33.

Artinya, Il Biscione wajib memenangi duel melawan Udinese dan Cagliari pada pekan ke-31 serta 32.

Baca juga: Prediksi Mario Balotelli Derbi Milik Milan, Scudetto untuk Inter

Di sisi lain, Milan juga mesti terus menuai hasil sempurna kala bersua Lecce dan Sassuolo.

Apabila Inter bisa membekuk Milan pada pekan ke-33, maka bisa dipastikan trofi juara Liga Italia 2023-2024 akan melayang ke pelukan mereka.

Mengasumsikan semua skenario di atas tadi terwujud, Inter akan punya keunggulan 17 poin dari Milan ketika kompetisi tinggal menyisakan lima pekan.

Hal itu berarti Milan tak akan mungkin lagi menyalip Inter, mengingat poin maksimal yang bisa didapat dari lima pekan sisa hanya 15.

"Kami tidak pernah membicarakan di pertandingan mana kami akan memastikan scudetto, kami hanya membahasnya satu demi satu," ujar asisten pelatih Inter, Massimiliano Farris, usai laga kontra Empoli.

"Hal yang ada dalam pikiran kami hanyalah meraih scudetto, akan lebih baik jika mendapatkannya sesegera mungkin, namun kami menikmati perjalanannya,” ujar Farris menjelaskan, dilansir dari Football Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com