Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia 2022 - Pelatih Arema FC Jagokan Portugal Juara

Kompas.com - 30/11/2022, 21:20 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Eduardo Almeida optimistis Portugal bisa bicara banyak di Piala Dunia 2022 Qatar. Keyakinan tersebut muncul setelah melihat penampilan meyakinkan Fernando Santos dan timnyt di fase grup sejauh ini.

“Kami membuat performa yang bagus hingga saat ini. Saya yakin kami bisa melaju jauh,” ujar mantan pelatih Arema FC kepada Kompas.com.

“Memikirkan pertandingan ke pertandingan tapi kami punya peluang untuk menjadi juara dunia mengingat kami adalah tim nasional yang hebat,” imbuhnya.

Portugal memang tampil impresif di fase Grup H. Mereka mengalahkan Ghana 3-2 dan membungkam Uruguay 2-0.

Ini hanyalah kali kedua Portugal lolos dari fase grup Piala Dunia secara beruntun setelah 2006 dan 2010.

Baca juga: Debat Gol Ronaldo: Federasi Portugal Himpun Bukti, FIFA Jawab via Teknologi

Dua kemenangan tersebut cukup mengamankan satu tempat ke babak 16 besar meskipun ada satu pertandingan tersisa melawan Korea Selatan.

Portugal menunjukan keseimbangan tim bagus. 

“Pemain-pemain kami hebat, gabungan antara pemain berpengalaman dan pemain muda bertalenta yang bermain di liga-liga level tinggi dunia,” tuturnya.

Kehadiran Cristiano Ronaldo semakin menyempurnakan tim. Eduardo Almeida menyebut CR7 mengambil pengaruh besar pada seluruh aspek timnas Portugal.

Kehadirannya tidak sekadar menambah kekuatan tim, ia juga menjadi sosok yang meningkatkan motivasi dan mentalitas para pemain.

Pelatih Arema FC Eduardo Almeida memperhatikan pemain saat pertandingan pekan ke-7 Liga 1 2022-2023 melawan Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (28/8/2022) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Arema FC Eduardo Almeida memperhatikan pemain saat pertandingan pekan ke-7 Liga 1 2022-2023 melawan Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (28/8/2022) malam.

“Dia adalah pemain terbaik di dunia, salah satu yang terbaik sepanjang masa bagi sebagian pendapat,” ujar pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

“Dia selalu penting untuk sebuah tim. Tidak hanya apa yang bisa dia berikan kepada permainan tim, tetapi rasa hormat yang dimiliki orang lain kepadanya serta pengalaman yang bisa ia berikan kepada pemain lain dalam tim,” pungkasnya.

"Dia adalah idola semua orang Portugal."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com