Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gareth Bale Tepis Rumor Pensiun Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Kompas.com - 30/11/2022, 18:01 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber ESPN

KOMPAS.com - Kapten timnas Wales, Gareth Bale, membantah rumor yang mengatakan bahwa dirinya akan pensiun setelah gagal membawa negaranya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Wales harus menyudahi perjuangannya di Qatar dalam Piala Dunia 2022. Mereka kalah dari Inggris dengan skor 0-3 dalam matchday terakhir grup B pada Rabu (31/11/2022) dini hari WIB.

Hasil tersebut membuat Wales hanya mampu meraih satu poin dari tiga pertandingan dan berada di posisi terbawah Grup B.

Dengan demikian, Wales gagal melanjutkan perjalanan dalam Piala Dunia pertamanya sejak 1958 itu.

Gareth Bale, yang untuk pertama kali dalam kariernya bermain pada Piala Dunia, mengatakan bahwa pertandingan ini tidak akan menjadi yang terakhir baginya bersama Wales.

Baca juga: 5 Fakta Inggris Vs Wales: Harry Kane Mandul Lagi, Southgate Ukir Sejarah Langka

Sempat muncul spekulasi bahwa Bale akan mengakhiri karier sepak bolanya setelah gagal membantu Wales lolos ke babak 16 besar. Ia dengan cepat membantahnya.

"Saya akan bermain sepanjang yang saya mau selama badan saya masih sanggup, kami akan berjuang kembali di bulan Maret," kata Bale dikutip dari ESPN.

Pencetak gol sepanjang masa untuk Wales itu tidak bermain selama 90 menit pada laga melawan Inggris.

Ia ditarik saat paruh waktu setelah menderita cedera hamstring dan hanya menyentuh bola tujuh kali.

Bale masih membuka peluang kembali memperkuat tim nasional dalam babak kualifikasi Euro 2024 pada musim semi tahun 2023.

Baca juga: Piala Dunia 2022, Lagu Kebangsaan Wales Dapat Pujian dari Seluruh Dunia

Pelatih timnas Wales, Robert Page, juga berharap sang kapten bisa kembali membela skuadnya saat melawan Kroasia pada Maret dalam kualifikasi Euro 2024.

"Saya rasa ini bukan terakhir kalinya Anda akan melihat Gareth (Bale) berseragam Wales," ujar Page.

"Kami akan ada pertandingan di bulan Maret untuk memulai perjuangan di Euro 2024 dan kami ingin memulainya dengan baik, jadi saya yakin Anda akan melihatnya (Bale) berseragam Wales kembali."

Kondisi tubuh Bale kerap menjadi masalah pada tahun ini. Ia belum bermain selama 90 menit semenjak bergabung bersama klub MLS, LAFC pada musim panas lalu.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Gareth Bale dan Wales Akan Sorot Masalah Qatar

Menurut Page, mantan penyerang Real Madrid dan Tottenham Hotspur itu tidak bisa bermain dengan kekuatan penuh pada babak kedua melawan Inggris.

"Dia (Bale) kesulitan untuk bermain pada babak pertama karena masalah di hamstring-nya dan hanya 70 persen siap untuk babak kedua."

"Kami membutuhkan semua pemain dalam kekuatan penuh, jadi itu adalah keputusan tepat menggantinya pada babak kedua dan dia juga telah menerimanya," tambah Page.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber ESPN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com