Kompas.com - 05/09/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo adalah pemain yang dianugerahi kemampuan tendangan bebas mematikan. Banyak koleksi gol CR7 lahir lewat free kick. 

Rahasia keampuhan sepakan bebas Ronaldo terletak pada tekniknya. Ronaldo fasih menggunakan knuckle shot, yang membuat bola bergerak tidak beraturan.

Namun, Cristiano Ronaldo bukanlah penemu teknik tendangan knuckle ini. Teknik ini pertama kali digunakan oleh Waldyr Pereira atau yang akrab disapa Didi.

Didi merupakan pemain timnas Brasil era 50-an. Kala itu, Didi memang dikenal sebagai eksekutor tendangan bebas ulung.

Penemuan teknik knuckle shot Didi berawal dari cedera. Didi pernah menerima cedera pergelangan kaki dalam sebuah laga melawan Amerika Serikat, yang membuatnya harus menepi setelah itu.

Baca juga: Semarak Piala Dunia 2022: KNVB Akan Gelar Festival Oranje di Indonesia

Selama masa pemulihan, Didi masih merasakan sakit saat menendang bola sampai akhirnya dia menemukan cara lain.

“Saya cedera pergelangan kaki melawan Amerika. Saya mengistirahatkannya, saya mengobatinya, saya melakukan fisioterapi tetapi saya tidak bisa menendang bola tanpa merasakan sakit yang signifikan," kata Didi, dikutip dari laman resmi FIFA, Senin (5/9/2022).

“Kemudian suatu hari, bermain-main, saya menendang bola secara tidak normal, dengan tiga jari kaki, dan saya tidak merasakan sakit apa pun," tutur Didi.

"Saya mulai menendang bola dengan tiga jari kaki dan saya perhatikan bahwa setelah bola bergerak sedikit, tiba-tiba bola itu berubah arah," imbuhnya.

Teknik tendangan Didi disebut dengan folha seca dalam bahasa Portugis. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti "dauh kering".

Baca juga: Jadwal Timnas Portugal di Piala Dunia 2022, Harapan Terakhir Ronaldo

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber FIFA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.