Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2022, 12:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mantan pemain dan rekan setim Cristiano Ronaldo di Manchester United Louis Saha memberikan wejangan untuk skuad muda The Red Devils. 

Louis Saha meminta Mason Greenwood dkk untuk mendengarkan saran dari para pemain senior seperti Cristiano Ronaldo yang sudah kenyang pengalaman. 

"Jika ada pemain yang berhak untuk berbicara di ruang ganti, itu adalah Cristiano Ronaldo," kata Louis Saha dilansir dari Mundo Deportivo. 

"Banyak pemain muda yang belum menunjukkan apa-apa. Mereka mungkin telah memainkan sejumlah pertandingan internasional, tetapi apa yang mereka menangi?" ujar Saha. 

Baca juga: Ronaldo Terancam Absen pada Laga Man United Vs West Ham, Ada Apa?

Louis Saha menilai saran dan kritik yang disampaikan Ronaldo bukan untuk mengintimidasi para pemain muda. 

Hal itu semata-mata demi mendongkrak mentalitas mereka agar Manchester United tak semakin terpuruk. 

"Saya tidak mengatakan bahwa para pemain muda harus menganggapnya sebagai dewa, tetapi Ronaldo akan dikenang sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah," katanya. 

"Dia ingin memenangi gelar saat di sana dan dia tahu bagaimana melakukannya. Dia tidak akan mengintimidasi seseorang untuk membuat dirinya terlihat lebih kuat," tutur Louis Saha. 

"Dia mau juara, jadi mereka (pemain muda Man United) harus mendengarkan Ronaldo, lebih rendah hati, bekerja keras, dan diam," ucap Louis Saha. 

Pernyataan Louis Saha muncul setelah Ronaldo mengungkapkan soal keengganan skuad muda Man United mendengarkan saran dari pemain senior sepertinya. 

"Para pemain senior selalu bisa membantu pemain muda. Jika saya memberi Anda nasihat, tetapi Anda tidak menanamkannya dalam kehidupan sehari-hari itu akan sulit," kata Ronaldo seperti dilansir dari Daily Mail, 13 Januari 2022. 

"Ketika berusia 18, 19, 20, beberapa pemain yang lebih dewasa berbicara dengan saya. Saya menerima itu dan berpikir hal tersebut dilakukan karena saya perlu berkembang. Mereka lebih berpengalaman dari saya. Banyak momen buruk yang sudah mereka lewati," ucap pemain berinisial CR7 ini. 

"Namun, mereka (pemain muda) tidak menerima jika Anda mengkritik. Saya tidak mengatakan ini untuk pemain kami, tetapi secara umum. Saya tahu karena saya punya anak. Anda harus menemukan cara tepat untuk berbicara dengan mereka," tuturnya. 

Baca juga: Pembelaan Rio Ferdinand untuk Cristiano Ronaldo yang Ngambekan

"Poin utamanya adalah keinginan itu harus datang dari dalam diri sendiri. Kami di sini untuk membantu ketika mereka membutuhkan bantuan, dukungan, dan saran. Saya akan menjadi orang pertama yang siap membantu. Namun, jika tidak, lakukan yang terbaik untuk membantu tim," kata Cristiano Ronaldo. 

Manchester United saat ini tertahan di peringkat ketujuh klasemen sementara Liga Inggris 2021-2022 dengan raihan 35 poin. 

Cristiano Ronaldo dkk berjarak 21 angka dari Manchester City yang mengoleksi 56 poin dan menempati puncak klasemen. 

Selanjutnya, Man United akan menjamu West Ham pada pekan ke-23 Liga Inggris 2021-2022 di Stadion Old Trafford, Sabtu (22/1/2022) pukul 22.00 WIB. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com