Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Real Madrid dan Barcelona, 38 Klub Spanyol Dukung Suntikan Dana dari CVC

Kompas.com - 14/08/2021, 06:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 38 klub Liga Spanyol telah menyatakan dukungan terhadap proyek suntikan dana dari CVC Capital Partners.

Adapun dari ke-38 klub yang mendukung, tidak ada nama Real Madrid dan Barcelona. Kedua klub raksasa Liga Spanyol itu dilaporkan memilih keluar dari kesepakatan.

Sebelum persoalan ini bergejolak, pada pekan lalu diumumkan bahwa LaLiga selaku badan yang mengurus kasta utama dan kedua Liga Spanyol telah menyetujui perjanjian strategis dengan CVC Capital Partners.

Dalam perjanjian tersebut, LaLiga sepakat untuk menjual 10 persen saham liga ke CVC dengan harga 2,7 miliar Euro atau sekitar Rp 45 triliun.

Baca juga: Hasil Liga Spanyol - LaLiga Dibuka dengan Kemenangan Tipis Valencia

Lalu, sebanyak 90 persen dari total 2,7 miliar euro itu akan didistribusikan ke klub-klub Liga Spanyol, termasuk sepak bola wanita, semi profesional, dan non-profesional.

Perjanjian strategis yang kemudian dinamakan proyek "Boost LaLiga" ini pada dasarnya dibuat untuk menjalankan perencanaan investasi jangka panjang dalam ekosistem sepak bola Spanyol.

Proyek Boost LaLiga akan memberi klub-klub Liga Spanyol sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pertandingan, pengalaman penggemar, mempercepat pertumbuhan klub, dan menjadikan LaLiga sebagai penyedia hiburan olahraga terkemuka di dunia.

Hal tersebut juga dijelaskan oleh Presiden LaLiga Javier Tebas yang optimistis dalam menatap proyek Boost LaLiga ini.

Baca juga: Gagal Bertahan di Barcelona akibat Aturan LaLiga, Messi Tetap Hormati Tebas

"Kami yakin Boost LaLiga merupakan jawaban atas tantangan yang harus kami hadapi dalam jangka waktu menengah dan panjang," kata Javier Tebas dalam rilis yang diterima KOMPAS.com.

"Kesepakatan strategis ini akan memberikan klub kami kapasitas yang lebih besar, mengubah model manajemen mereka, dan meningkatkan ketertarikan pada pertandingan yang kami miliki," ujar Javier Tebas.

"Hal ini juga merupakan dorongan yang kami butuhkan untuk mengubah LaLiga menjadi perusahaan hiburan digital global yang memiliki pertandingan sepak bola paling menarik di dunia," tutur Javier Tebas menjelaskan.

Presiden LaLiga Javier Tebas (tengah) dalam pertemuan umum yang digelar untuk membahas perjanjian strategis dengan CVC Capital Partners, Kamis (12/8/2021).LaLiga/Guillermo Martinez Presiden LaLiga Javier Tebas (tengah) dalam pertemuan umum yang digelar untuk membahas perjanjian strategis dengan CVC Capital Partners, Kamis (12/8/2021).
Proyek Boost LaLiga kemudian disambut baik dalam pertemuan umum yang berlangsung pada Kamis (12/8/2021) malam WIB.

Baca juga: 5 Fakta Soal Kegagalan Barcelona Perpanjang Kontrak Lionel Messi

Pada pertemuan umum tersebut, seluruh klub Liga Spanyol diberikan ruang dan kesempatan untuk menunjukkan posisi mereka terkait proyek Boost LaLiga.

Hasilnya, 38 dari 42 klub Liga Spanyol menyatakan dukungan.

Jumlah itu sudah cukup untuk memperoleh persetujuan dari Dewan Umum LaLiga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com