PSSI Harus Tegas Perihal Regulasi Kepindahan Kepemilikan dan Perubahan Identitas Klub

Kompas.com - 14/05/2021, 20:31 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberi sambutan dalam rangka Hari Ulang Tahun PSSI ke 91 di Balai Persis Solo, Senin (19/04/2021) siang. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberi sambutan dalam rangka Hari Ulang Tahun PSSI ke 91 di Balai Persis Solo, Senin (19/04/2021) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi banyaknya investor baru yang mengakuisisi klub-klub Liga Indonesia, Koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali, meminta PSSI membuat regulasi baru demi mengakomodir fenomena tersebut.

Baik itu sebuah peraturan yang mampu melindungi para investor dan klub, maupun regulasi yang memberikan batasan-batasan kegiatan.

Sehingga, ada kendali yang membuat domain sepak bola Indonesia tetap pada jalurnya.

Salah satu yang cukup menjadi sorotan Akmal Marhali adalah masalah perubahan identitas klub.

“Saat ini banyak pengusaha milenial yang mau masuk di industri sepak bola Indonesia kita. Bisa dibuatkan regulasi bagaimana pindah tangan atau jual beli saham klub,” ujar Akmal Marhali dalam sebuah sesi wawancara daring terbatas.

“Dibuatkan regulasi yang kuat ketika sebuah klub berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain. Kemudian dibuatkan regulasi kapan klub itu boleh rebranding, kapan club itu bisa ganti nama, dan ganti logo."

“Jangan sampai tidak ada aturannya sehingga hukum rimba yang terjadi,” imbuhnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Raffi Ahmad: RANS Cilegon, Bayi yang Butuh Arahan di Sepak Bola Indonesia

Saat ini ada tiga klub Liga 2 yang mengalami perubahan identitas setelah diakuisisi investor baru. 

Mereka adalah RANS Cilegon FC, Dewa United, dan PSG Pati.

Perubahan identitas klub pun sudah mendapatkan izin langsung dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X