Cerita Pemain Muda Persib Menyambi Petugas Keamanan Saat Lebaran

Kompas.com - 14/05/2021, 08:00 WIB
Pemain Persib U-19, Ardi Maulana, menjalani sesi latihan bersama tim senior Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (27/8/2020). Official Persib BandungPemain Persib U-19, Ardi Maulana, menjalani sesi latihan bersama tim senior Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemain muda Persib Bandung, Syaiful, memiliki pengalaman unik di hari lebaran. Syaiful biasa menyambi tugas sebagai "petugas keamanan" di lingkungan tempat tinggalnya, di Karawang.

Seringkali Syaiful diminta oleh tetangganya untuk menjaga rumah mereka. Hal tersebut karena sebagian besar penduduk di lingkungan tempat tinggal Syaiful berstatus sebagai pendatang.

Sehingga, lingkungan tempat tinggal Syaiful seringkali sepi saat Idul Fitri tiba. Kebanyakan warganya memilih mudik ke kampung halaman masing-masing.

"Kalau lebaran itu saya memang tidak pernah mudik. Jadi biasanya menjaga rumah orang saja sama mamah," kata Syaiful kepada wartawan, Kamis (13/5/2021).

Baca juga: Kapten Persib Merayakan Lebaran Penuh Sukacita Bersama Keluarga

"Tahun-tahun kemarin, saya suka bantuin tetangga jagain rumah mereka. Saya tinggal di rumah tetangga yang mudik," sambung dia.

Selain menjaga dan mendiami salah satu rumah tetangganya yang mudik, Syaiful juga seringkali mengontrol area lingkungan rumahnya agar tetap aman dari aksi pencurian.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana diketahui, angka kejahatan, terutama pencurian memang kerap meningkat saat lebaran.

"Kalau malam, saya juga biasanya berkeliling di sekitar lingkungan rumah. Melihat kondisi di sekitar rumah sambil bawa alat pemukul," tutur Syaiful.

Akan tetapi, aktivitas tersebut tampaknya mulai ditinggalkan Syaiful dalam dua tahun terakhir. Pasalnya, sebagian besar tetangganya memilih tidak mudik karena situasi pandemi virus corona.

Oleh karena itu, pada momen lebaran tahun ini, Syaiful pun bisa menghabiskan banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarganya di rumah. Bagi Syaiful, itu adalah momen paling berkesan saat Idul Fitri.

"Kalau sekarang kan mudik dilarang, kemungkinan saya tinggal di rumah saja. Ya, pasti bisa kumpul kumpul sama keluarga. Makanan favorite Ipul juga gulai ayam sama rendang," tegas Syaiful.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X