Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ernando Sukses Eksekusi Penalti di Piala Asia U23, Trik dari Pelatih

Kompas.com - 28/04/2024, 11:30 WIB
Egi Dinda Janviera,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kiper timnas U23 Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi, menjadi salah satu eksekutor yang sukses menjalankan tugas dalam adu penalti kontra Korsel.

Pemain yang kini terikat kontrak dengan Persebaya itu tampil gemilang kala membawa skuad Garuda Muda membekuk timnas U23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U23 2024.

Timnas U23 Indonesia berhasil menang atas Korsel melalui adu penalti dengan skor 11-10 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Kamis (25/4/2024) waktu setempat atau Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Penjaga gawang berusia 22 tahun itu sukses menepis dua tendangan pemain Korsel, yakni Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee, dalam babak adu penalti. 

Tak cuma membendung sepakan penalti pemain Korsel, Ernando juga maju sebagai eksekutor timnas U23 Indonesia.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia dan Olimpiade 2024, Mimpi dari Selembar Karton Putih

Ia sukes menjalankan tugas sebagai penendang penalti ke-10 timnas U23 Indonesia.

Ernando Ari menyimpan motivasi terbesar untuk maju sebagai algojo, berkaca dari pengalaman pahitnya di final Piala AFF U23 2023.

Kala itu, Ernando yang juga maju sebagai eksekutor penalti timnas U23 Indonesia, gagal menjalankan tugasnya.

Kegagalan tersebut membuat timnas U23 Indonesia kalah 5-6 dari Vietnam di final Piala AFF U23 2023 pada 26 Agustus 2023. 

"Saat itu saya gagal mencetak gol dan membuat coach Shin Tae-yong sedih. Sekarang saya ingin membayarnya, saya mau memberikan gelar juara untuk coach Shin Tae-yong," ucap Ernando dalam konferensi pers usai laga Indonesia vs Korsel di Piala Asia U23 2024. 

Baca juga: Ernando Bersinar di Timnas U23 Indonesia, Kekaguman dari Pelatih Persebaya

Ernando telah sukses menebus kegagalannya dan kini mengantar timnas U23 Indonesia ke semifinal Piala Asia U23 2024.

Trik mengeksekusi penalti dari pelatih kiper Persebaya Surabaya, Benyamin van Breukelen, menjadi salah satu bekal Ernando untuk mengarungi Piala Asia U23 2024.

"Pesan saya semisal saat waktu itu Piala AFF dia gagal menendang penalti, saya kasih tahu dia, tidak usah pakai teknik lagi saat penalti, karena kamu (Ernando) sudah jatuh bangun menahan penalti," kata Benyamin van Breukelen, dikutip dari Antara.

"Sudah pakai tenaga saja, tidak usah pakai teknik-teknik lagi, akhirnya kemarin saya lihat dia shooting saja itu bola. Jadi tidak ada pakai teknik-teknik, itu yang saya ingatkan," ujar pria yang biasa disapa Benny itu.

Benny kini berharap Ernando tidak merasa terbebani jelang laga semifinal Piala Asia U23 2024 melawan Uzbekistan.

"Saya harap tidak ada beban bagi dia karena targetnya sudah tembus, dari delapan besar, sekarang sudah masuk semifinal," tuturnya. 

Partai semifinal Piala Asia U23 2024 Indonesia vs Uzbekistan akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sports Kompascom (@sports.kompascom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com