Kompas.com - 08/02/2021, 15:40 WIB
Phil Foden melepas tembakan yang membobol gawang Alisson Becker di ajang Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (7/2/2021) malam WIB. JON SUPER / POOL / AFPPhil Foden melepas tembakan yang membobol gawang Alisson Becker di ajang Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (7/2/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Gelandang serang Manchester City, Phil Foden, berperan besar dalam kemenangan telak 4-1 timnya atas Liverpool dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League 2020-2021, pada Minggu (7/2/2021) malam WIB.

Phil Foden memberi kontribusi berupa satu gol serta satu assist untuk gol Ilkay Guendogan pada laga yang digelar di Stadion Anfield tersebut.

Kontribusi penting Phil Foden semakin mengagumkan karena ia tidak turun di posisi aslinya sebagai gelandang serang, melainkan mengisi pos penyerang tengah dalam susunan tiga pemain depan Man City pada awal laga.

Penulis sekaligus analis taktik sepak bola kawakan, Michael Cox, menyebut Phil Foden secara total menjalani empat peran berbeda untuk skuad The Citizens saat meraih kemenangan telak atas Liverpool.

Baca juga: Liverpool Vs Man City, Phil Foden Bintang Termuda Perusak Anfield

Seperti dilansir dari laman The Athletic, Cox melihat Foden mengawali laga dengan tugas sebagai sosok false-nine dalam lini serang skuad arahan pelatih Pep Guardiola tersebut.

Tugas utama pemain 20 tahun itu bukan menjadi ujung tombak tim, melainkan untuk turun ke lini tengah guna mendapatkan suplai umpan sekaligus memotong aliran bola Liverpool.

Dalam menjalani perannya ini, Foden kerap berduel dengan gelandang Liverpool seperti Thiago Alcantara dan Curtis Jones untuk memenangkan bola kedua bagi skuad Man City.

Ketika sudah menguasai bola di lini tengah, tugas berikut dari Foden adalah meneruskannya kepada dua penyerang sayap yakni Riyad Mahrez maupun Raheem Sterling.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Foden akhirnya dibebankan tugas sebagai penyerang tengah murni seiring bergantinya pola permainan Man City dari 4-3-3 menuju 4-2-3-1.

Hebatnya, Ia sanggup merepotkan duet Fabinho dan Jordan Henderson di jantung pertahanan Liverpool.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X