Liga 1 2020 Belum Jelas, Masa Libur Persib Berpotensi Diperpanjang

Kompas.com - 31/12/2020, 13:50 WIB
Skuad Persib Bandung berkumpul di tengah lapangan sebelum menjajal kekuatan Bandung United dalam uji tanding yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (19/9/2020). Official Persib BandungSkuad Persib Bandung berkumpul di tengah lapangan sebelum menjajal kekuatan Bandung United dalam uji tanding yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (19/9/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung masih menunggu kepastian kelanjutan kompetisi musim ini. Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mewacanakan kompetisi akan dilanjutkan pada Februari 2021.

Wacana tersebut muncul setelah rencana untuk memutar kembali kompetisi pada 1 Oktober 2020 gagal karena tidak keluarnya izin dari kepolisian.

Meski begitu, sejauh ini belum ada konfirmasi resmi apakah kompetisi bisa dilanjutkan pada Februari 2021. Begitu pula dengan tanggal pasti penyelenggaraannya, belum ada kejelasan.

Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, mengatakan, sampai dengan saat ini, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari PSSI dan PT LIB terkait kepastian lanjutan kompetisi.

Sebab, hal tersebut penting bagi Persib untuk bisa menentukan langkah ke depannya.

Baca juga: Persib Buka Opsi Lepas Pemain Asing ke Klub Luar Negeri

"Pasti kami perlu ada kepastian kelanjutan kompetisi untuk menentukan langkah-langkah kami ke depannya," kata Teddy saat dihubungi wartawan.

Sebelum adanya kepastian jadwal lanjutan Liga 1 2020, Persib belum akan mengumpulkan para pemainnya. Sejak awal November 2020, seluruh pemain Persib diliburkan.

Rencananya mereka akan dikumpulkan kembali pada 4 Januari 2021 dan langsung menjalani sesi latihan bersama.

Akan tetapi, karena belum ada kepastian terkait kelanjutan kompetisi, manajemen Persib belum akan mengumpulkan para pemainnya.

Manajemen Persib tidak mau ambil risiko. Ketika tim sudah berkumpul, tetapi kompetisi kembali mengalami pemunduran jadwal, itu akan berpengaruh buruk bagi pemain.

"Pemain belum akan dikumpulkan sampai ada kepastian jadwal liga dari PSSI," ujar Teddy.

Baca juga: Piala Dunia U20 2021 Batal, Kiper Persib Tak Khawatirkan Usia

Kemungkinannya masa libur skuad Persib akan diperpanjang mengingat para pemain asing Persib tidak bisa bergabung dalam waktu dekat karena adanya kebijakan dari Pemerintah Indonesia dalam melarang kedatangan warga negara asing (WNA) ke Indonesia.

Kebijakan tersebut diambil sebagai antisipasi penyebaran strain baru Covid-19 yang berasal dari Inggris. Larangan tersebut berlaku selama 14 hari sejak awal Januari 2021.

Bila masa libur tim Persib diperpanjang, semua pemain tetap diwajibkan menjalani sesi latihan mandiri untuk menjaga kebugarannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X