Polemik Wakil di Piala AFC, Ini Aturan yang Buat Penunjukan Persija Dipermasalahkan

Kompas.com - 19/12/2020, 10:48 WIB
Pemain Persija Jakarta melakukan selebrasi setelah Addison mencetak gol pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/3/2018). Persija menang dengan skor 1-0. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPemain Persija Jakarta melakukan selebrasi setelah Addison mencetak gol pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/3/2018). Persija menang dengan skor 1-0.

KOMPAS.com - Penunjukkan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021 melahirkan polemik.

Persija Jakarta pada Rabu (16/12/2020) secara resmi ditunjuk oleh PSSI untuk mewakili Indonesia di Piala AFC bersama Bali United.

Adapun Bali United ditunjuk mewakili Indonesia karena berstatus sebagai juara Liga 1 2019.

Sementara itu, Persija Jakarta ditunjuk dengan pertimbangan sebagai runner-up Piala Indonesia pada tahun yang sama.

Baca juga: Bali United dan Persija Resmi Wakili Indonesia di Piala AFC 2021

Kedua klub itu ditunjuk karena Liga 2020 sedang ditangguhkan akibat pandemi Covid-19. 

Bagi Bali United, penunjukkan ini tidak menjadi masalah karena sudah sesuai dengan syarat yang tertera dalam pasal 9 ayat 1 Entry Manual for AFC Club Competition 2021 Edition, mengenai kriteria keolahragaan.

Namun, tidak demikian dengan Persija Jakarta. Penunjukkan klub berjuluk Macan Kemayoran itu masih menjadi polemik karena dinilai tidak sejalan dengan aturan yang ada.

Salah satu klub Liga 1, Persipura Jayapura, pun sudah melayangkan protes terkait penunjukkan Persija sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

Sebab berdasarkan Entry Manual AFC Club Competition terkait kriteria keolahragaan, Persipura berpandangan bahwa klubnya lah yang lebih layak menjadi wakil Indonesia.

Baca juga: Wakili Indonesia di Piala AFC, Bali United Terancam Ditinggal Pilar Utama

Adapun aturan terkait kriteria keolahragaan untuk suatu klub bisa tampil pada Piala AFC 2021 berbunyi:

Halaman:


Sumber AFC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X