Kompas.com - 18/12/2020, 18:00 WIB
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho dan Son Heung-min. AFP/IAN WALTON/POOLPelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho dan Son Heung-min.

KOMPAS.com - Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, begitu semringah dengan pencapaian winger andalannya, Son Heung-min, usai meraih Puskas Award pada malam penganugerahan The Best FIFA Football Award 2020.

Dalam seremoni di Zurich, Swiss, Jumat (18/12/2020) dini hari WIB, FIFA menetapkan Son Heung-min sebagai pemenang Puskas Award berkat aksi "solo run" yang ia tunjukkan ketika membawa Spurs menang 5-0 atas Burnley di Stadion Tottenham Hotspur, 7 Desember 2019.

Aksi "solo run" winger asal Korea Selatan tersebut sukses berbuah gol ketiga untuk Spurs.

Baca juga: Aksi Solo Run Son Heung-min Berbuah Puskas Award

Ia menggiring bola dari tiga perempat lapangan atau sekitar 71,4 meter dalam 11 detik saat mencetak gol spektakuler tersebut.

Tak hanya itu, lewat skema serangan balik tersebut, Son Heung-min pun sukses mengecoh dua sampai tiga pemain Burnley sebelum menceploskan bola yang membuat Nick Pope tak berdaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alhasil, gol briliannya itu pun membuat mayoritas voters yang terdiri dari pelatih tim nasional, kapten timnas nasional, dan jurnalis memilihnya sebagai pemenang Puskas Award atau gol terbaik sepanjang satu tahun terakhir.

Tak hanya para voters, FIFA pun secara khusus menyatakan gol Son Heung-min pantas menjadi yang tebaik.

Baca juga: Daftar Pemenang The Best FIFA 2020, Lewandowski hingga Son Heung-min

"Son telah menunjukkan kecepatan, kekuatan, ketekunan, dan penyelesaian akhir lewat gol tersebut," tulis FIFA dalam laman resminya.

Sementara itu, usai Son Heung-min menyabet gelar Puskas Award, sontak Jose Mourinho pun turut berbahagia kepada anak asuhnya itu.

Sambil menikmati perjalanan pulang dari aktivitasnya, Mourinho memberikan puja-pujinya yang semakin mewarnai hari indah bagi Son Heung-min.

"Pulang ke rumah dan menonton FIFA TV. Sonny, Puskas Award, gol terbaik musim ini. Tentu saja Sonny," ucap Mou yang diunggah melalui akun instagramnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jose Mourinho (@josemourinho)

Trofi Puskas Award tersebut tentu terasa sangat spesial bagi Son.

Sebab, ia sukses mengalahkan deretan gol kelas dunia lainnya, termasuk gol indah dari Luis Suarez melalui backheel ciamiknya saat Barcelona menumbangkan RCD Mallorca 5-2 di Liga Spanyol, Desember 2019.



Sumber FIFA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.