Kompas.com - 17/12/2020, 19:31 WIB
Penyerang Manchester United, Edinson Cavani, saat merayakan gol ke gawang Southampton pada laga lanjutan pekan ke-10 Liga Inggris di Stadion St Marys, Minggu (29/11/2020) malam WIB. AFP/MIKE HEWITTPenyerang Manchester United, Edinson Cavani, saat merayakan gol ke gawang Southampton pada laga lanjutan pekan ke-10 Liga Inggris di Stadion St Marys, Minggu (29/11/2020) malam WIB.

KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi mendakwa penyerang Manchester United, Edinson Cavani, terkait unggahannya di Instagram yang menggunakan istilah rasial.

Kejadian tersebut bermula setelah Man United sukses memenangkan laga kontra Southampton di Liga Inggris akhir November lalu.

Cavani yang begitu semringah karena menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah pun turut menyalurkan kebahagiannya kepada fans yang memberikan ia selamat.

Namun, dalam unggahan melalui Insta Stories-nya itu, kalimat yang ia tuliskan berbau rasial dengan terdapat kata "negrito".

Kendati telah meminta maaf karena tidak bermaksud buruk, FA tetap melakukan penyelidikan.

Baca juga: Usai Cetak Rekor dan Jadi Pahlawan Man United, Cavani Terancam Sanksi FA

Setelah melakukan penyelidikan selama kurang lebih tiga pekan, FA akhirnya menetapkan keputusan bahwa Edinson Cavani terbukti bersalah dalam kasus dugaan rasialisme tersebut.

"Edinson Cavani telah didakwa melakukan pelanggaran atas peraturan FA E3, terkait dengan unggahannya di media sosial pada Kamis, 29 November 2020," tulis FA dilansir dari The Athletic, Kamis (17/12/2020).

"Perilakunya diduga bertentangan dengan peraturan FA E3.1 dalam sebuah komentar yang diunggah melalui Instagram pemain Manchester United itu dengan menuturkan kata-kata yang menghina/kasar/tidak pantas/memberikan kesan yang buruk dalam pertandingan."

"Lebih lanjut, komentar tersebut diduga merupakan pelanggaran berat yang didefinisikan dalam peraturan FA E3.2, karena itu termasuk cakupan yang mengekspresikan suatu warna/ ras/etnis tertentu secara tersirat maupun tersurat."

Baca juga: Mourinho: Manchester United Tidak Kasih Saya Waktu untuk Berproses

"Striker tersebut memiliki waktu hingga Senin, Januari 2021, untuk memberikan tanggapan lebih lanjut mengenai tuduhan itu."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X